Penulis Utama : Nurkaidah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S852002019
Tahun : 2022
Judul : ANALISIS KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH HOTS PADA SISWA SMPN 1 MADAPANGGA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DITINJAU DARI KEMAMPUAN SPASIAL
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2022
Kolasi :
Sumber :
Subyek : -
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

<!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]--><!--[if gte mso 9]><xml> Normal 0 false false false EN-US X-NONE X-NONE </xml><![endif]--><!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]--><!--[if gte mso 10]> <style> /* Style Definitions */ table.MsoNormalTable {mso-style-name:"Table Normal"; mso-tstyle-rowband-size:0; mso-tstyle-colband-size:0; mso-style-noshow:yes; mso-style-priority:99; mso-style-parent:""; mso-padding-alt:0cm 5.4pt 0cm 5.4pt; mso-para-margin-top:0cm; mso-para-margin-right:0cm; mso-para-margin-bottom:8.0pt; mso-para-margin-left:0cm; line-height:107%; mso-pagination:widow-orphan; font-size:11.0pt; font-family:"Calibri","sans-serif"; mso-ascii-font-family:Calibri; mso-ascii-theme-font:minor-latin; mso-hansi-font-family:Calibri; mso-hansi-theme-font:minor-latin; mso-bidi-font-family:"Times New Roman"; mso-bidi-theme-font:minor-bidi;} </style> <![endif]-->

Kemampuan untuk menyelesaikan masalah HOTS merupakan kemampuan yang harus dimiliki oleh setiap siswa, terutama dalam pembelajaran matematika. Namun, kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah HOTS belum optimal. Hal ini dapat dilihat dari rendahnya capaian Indonesia dalam tes PISA dan TIMMS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan siswa menyelesaikan masalah HOTS khususnya pada materi geometri yang dilihat dari kemampuan spasial yang dimiliki masing-masing siswa di SMPN 1 Madapangga. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian terdiri atas 10 siswa dari kelas IX SMP Negeri 1 Madapangga.

Subjek dalam penelitian ini dipilih dengan menggunakan snowball sampling. Subjek penelitian dipilih berdasarkan hasil tes kemampuan spasial. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode tes dan wawancara. Validasi data dilakukan dengan triangulasi metode. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan.

Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) siswa yang memiliki kemampuan spasial rendah tidak mampu menyelesaikan masalah HOTS pada semua level kognitif yakni menganalisis, mengembangkan, dan mencipta pada materi bangun ruang sisi datar. 2) Siswa dengan kemampuan spasial sedang mampu menganalisis, akan tetapi siswa belum mampu mengevaluasi dan mengkreasi. 3) Siswa dengan kemampuan spasial tinggi mampu menyelesaikan masalah HOTS pada level kognitif menganalisis dan mengevaluasi. Siswa dengan kemampuan spasial tinggi memiliki kemampuan menyelesaikan masalah HOTS yang lebih baik dibandingkan dengan siswa dengan kemampuan spasial sedang dan rendah.

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
LAMPIRAN.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
BAB III.pdf
BAB II.pdf
BAB I.pdf
BAB V.pdf
BAB IV.pdf
HALAMAN COVER.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Sri Subanti, M.Si
2. Dr. Ikrar Pramudya, M.Si
Catatan Umum :
Fakultas : Pascasarjana