Penulis Utama : Maulana Arif A
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : A121808024
Tahun : 2022
Judul : PENGARUH IMAGERY TRAINING DAN KONSENTRASI TERHADAP KETEPATAN FOREHAND SERVICE PADA ATLET JUNIOR TENIS MEJA DI SUKOHARJO
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Keolahragaan - 2022
Kolasi :
Sumber :
Subyek : -
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Maulana Arif Ardiyanto.  A121808024. 2022.  Pengaruh Latihan Imagery dan Konsentrasi Terhadap Ketepatan Forehand Service pada Atlet Junior Tenis Meja di Sukoahrjo. Tesis. Pembimbing (1) Prof. Dr. H. M. Furqon Hidayatullah, M.Pd. (2): Dr. Sri Santoso Sabarini, S.Pd. M.Or. Magister Ilmu Keolahragaan Universitas Sebelas Maret,  Surakarta

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) perbedaan pengaruh antara metode latihan internal imagery dan external imagery terhadap ketepatan forehand service pada atlet Tenis Meja di Sukoharjo, 2) perbedaan pengaruh konsentrasi tinggi dan konsentrasi rendah terhadap ketepatan Forehand service Pada Atlet Junior Tenis Meja di Sukoharjo, dan 3) interaksi antara metode latihan dan konsentrasi terhadap ketepatan Forehand service Pada Atlet Junior Tenis Meja di Sukoharjo.

Penelitian ini merupakan metode eksperimen dengan menggunakan rancangan faktorial desain 2x2. Penentuan sample penelitian menggunakan seluruh atlet junior Dwi Bengawan Solo dengan jumlah sample dan populasi adalah sama, yakni 24 atlet junior. Teknik pengumpulan data menggunakan: 1) tes konsentrasi dan 2) Tes awal (pretest) forehand service. Instrumen penelitian meliputi 2 Tes yaitu Tes ketepatan forehand service dengan Validitas (0,809) dan reliabilitas (0,988). Tes konsentrasi dengan validitas (0,89) dan reliabilitas (0,803). Teknik analisis data menggunakan ANAVA dua jalur dengan taraf signifikansi ? = 0,05.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara latihan internal imagery dan external imagery. Nilai signifikansi p sebesar 0,049 < 0>imagery internal dengan nilai rata-rata posttest sebesar 23,583 dibandingkan dengan metode latihan imagery external dengan nilai rata-rata posttest sebesar 22,417. 2) Terdapat perbedaan atlet yang mempunyai konsentrasi tinggi dan konsentrasi rendah. Nilai signifikansi p sebesar 0,000< 0>posttest sebesar 24,917 dibandingkan dengan atlet yang memiliki konsentrasi rendah dengan nilai rata-rata posttest sebesar 21,083. 3) Adanya interaksi antara internal imagery dan external imagery serta konsentrasi tinggi dan konsentrasi rendah. Nilai signifikansi p sebesar 0,026 < 0>imagery (imagery internal dan metode latihan imagery external) serta konsentrasi (tinggi dan rendah) terhadap ketepatan forehand service pada atlet Junior Tenis Meja Sukoharjo telah terbukti.

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
COVER TESIS.docx
BAB 1.pdf
BAB 2.pdf
BAB 3.pdf
BAB 4.pdf
BAB 5.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
LAMPIRAN.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. H. M. Furqon H., M.Pd
2. Dr. Sri Santoso Sabarini, M.Or
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Keolahragaan