Penulis Utama : Indri Nur Aini
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2005
Judul : Analisis ekuitas merek minyak goreng bimoli (studi pada masyarakat di Kecamatan Pasar Kliwon)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2005
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F020005-2005
Subyek : MEREK DAGANG
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah (1)  Apakah merek minyak goreng Bimoli telah dikenal oleh  konsumen (2) Apakah merek minyak goreng Bimoli telah menjadi Top of Mind Awareness (3) Atribut-atribut apa saja yang memiliki asosiasi dengan persepsi konsumen terhadap merek minyak goreng Bimoli (4) Apakah minyak goreng merek Bimoli telah memberikan kepuasan bagi konsumennya, dan (5) Apakah merek minyak goreng Bimoli telah dapat menciptakan loyalitas konsumen.

            Populasi dari penelitian ini adalah keluarga  yang menggunakan minyak goreng Bimoli yang berada di Kecamatan Pasar Kliwon. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah multistage random sampling, yaitu dari 9 kelurahan yang berada di Kecamatan Pasar Kliwon, diambil secara acak 9 RW, kemudian diambil secara acak 9 RT, kemudian dari masing-masing RT diambil 12 responden terpilih, yaitu konsumen minyak goreng merek Bimoli yang berada di Kecamatan Pasar Kliwon. Jumlah keseluruhan sampel yang diambil sebanyak 108 responden.

Sumber data yang digunakan adalah primer dan sekunder. Pengambilan data primer menggunakan kuesioner. Analisis penelitian meliputi pengujian instrumen (uji validitas dan uji reliabilitas) dan analisis kualitatif yang bersifat statistik deskriptif.

            Hasil analisis dari penelitian ini adalah (1) minyak goreng Bimoli dikenal oleh konsumen dan menduduki posisi Top of Mind Awareness (2) Asosiasi-asosiasi yang terkait dengan minyak goreng Bimoli adalah bening warnanya, terbuat dari bahan alami, tidak kering di tenggorokan, mengandung vitamin,  kemasannya higienis, mereknya terkenal,dan mudah mendapatkannya di toko/warung saat dibutuhkan (3) Secara keseluruhan kesan kualitas terhadap merek minyak goreng Bimoli adalah baik  dengan perincian untuk kategori baik 23,15% atau 25 orang dan untuk kategori sangat baik 28,70% atau 31 orang (4) analisa untuk switcher pada loyalitas merek adalah berjumlah 23 orang (21,3 %), ini merupakan responden yang benar-benar sensitif terhadap harga. Analisis untuk habitual buyer berjumlah 67 orang atau 62,04%. Analisis untuk satisfied buyer berjumlah 86 orang atau 79,63%. Analisis untuk liking the brand sebesar 97 orang atau 89,81%. Analisis untuk commited buyer sebesar 42 orang atau 38,89.

            Kesimpulan dalam penelitian ini adalah (1) responden telah mengenal minyak goreng merek Bimoli (2) persepsi responden terhadap atribut-atribut yang dimiliki oleh minyak goreng Bimoli sangat baik. Atribut-atribut  yang berkaitan dengan asosiasi minyak goreng merek Bimoli tersebut adalah bening warnanya, terbuat dari bahan alami, tidak kering di tenggorokan, mengandung vitamin, kemasannya higienis, mereknya terkenal, dan mudah mendapatkannya di toko/warung saat dibutuhkan. (3) Kesan kualitas responden terhadap minyak goreng Bimoli sangat baik, sebab sebagian besar responden memilih kategori baik dan sangat baik untuk kesan kualitas pada Bimoli. (4) Untuk loyalitas merek, secara keseluruhan cukup baik, sebab responden yang berada pada kategori switcher hanya sedikit jika dibandingkan untuk kategori yang lain (habitual buyer, satisfied buyer, liking the brand, dan commited buyer).

            Saran yang diajukan dalam penelitian ini adalah (1) menambah anggaran untuk iklan dan sponsor agar dapat meningkatkan awareness konsumen (2)menciptakan asosiasi-asosiasi tambahan lainnya misalnya direkomendasikan oleh Ikatan Dokter Indonesia(3) meningkatkan kualitas misalnya inovasi dalam produk maupun kemasan (4) meningkatkan hubungan yang positif dengan konsumen atau relationship marketing yang lebih baik.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Drs. Supomo, MS
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis