Penulis Utama : Suparti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2004
Judul : Penerapan model altman untuk prediksi kengkrutan pada bank-bank yang telaah go-publik di Indonesia (studi empiris 1993-2000)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2004
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F0299015-2004
Subyek : BANK DAN PERBANKAN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Seiring dengan adanya perubahan situasi dan kondisi, mulai dari deregulasi di bidang perbankan sampai dengan adanya krisis ekonomi telah membawa banyak perubahan dalam kondisi perbankan Indonesia. Melemahnya nilai tukar rupiah telah menimbulkan kesulitan yang besar pada dunia perbankan, khususnya bagi perusahaan perbankan yang memiliki pinjaman dengan standar dollar. Besarnya kesulitan likuiditas tersebut telah memicu terjadinya krisis pada perbankan nasional. Hal tersebut terlihat dengan adanya pencabutan ijin usaha dari beberapa bank dan program penyehatan perbankan lainnya. Sehubungan dengan hal itu, maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian dan menulis skripsi dengan judul : ‘Penerapan Model Altman untuk Prediksi Kebangkrutan Pada Bank-bank yang telah Go-publik di Indonesia (Studi Empiris 1993-2000).”

Pembatasan masalah yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah bahwa laporan keuangan yang diperoleh, penyusunannya berdasarkan apa yang telah menjadi kebijakan dari perusahaan perbankan tersebut dan dititikberatkan pada data laporan keuangan bank-bank yang telah go-publik dan tercatat di BEJ. Adapun perumusan masalah yang dirumuskan dalam penelitian ini adalah : “Apakah bank-bank yang telah go-publik dan listing di Bursa Efek Jakarta merupakan bank yang mempunyai kecenderungan tidak bangkrut, bangkrut ataupun terletak dalam daerah rawan ?”

Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah mendapatkan gambaran mengenai kemungkinan kebangkrutan pada bank-bank yang telah terdaftar di BEJ daan seberapa besar tingkat kemungkinan kebangkrutan tersebut serta bagaimana kondisi dari bank-bank yang telah terdaftar di BEJ tersebut. Hipotesis yang diajukan adalah : “Bank-bank yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta diprediksikan merupakan bank yang termasuk dalam kategori bangkrut.”

Penelitian ini dilakukan dengan mengambil data sekunder berupa laporan keuangan dari masing-masing perusahaan perbankan yang kemudian dihitung dengan menggunakan model Altman, yaitu Z-skor yang merupakan gabungan dari 5 rasio, yaitu rasio modal kerja terhadap total aktiva (X1), rasio laba ditahan terhadap total aktiva (X2), rasio laba sebelum bunga dan pajak terhadap total aktiva (X3), rasio nilai pasar modal terhadap total hutang (X4), dan rasio penjualan terhadap total aktiva (X5). Apabila nilai Z > 2,90 perusahaan diindikasikan tidak bangkrut, sedangkan apabila nilai Z < 1,20 maka perusahaan diindikasikan bangkrut. Dan apabila terletak antara 1,20 < Z < 2,90 perusahan tidak terdeteksi apakah akan bangkrut atau tidak.

Hasil analisis menunjukkan bahwa niali variabel Z-skor secara umum mengalami penurunan. Nilai Z berada dibawah standar (<1,20) dan 16 bank tersebut diprediksikan bangkrut. Dan dari analisis terhadap 16 bank tersebut diperoleh hasil, yaitu kecenderungan nilai Z yang semakin membaik dari 8 bank ( Panin bank, Lippo bank, Interpac bank, Bank NISP, Bank Niaga, Bank Danamon, BII dan Bank Bali serta adanya kecenderungan nilai Z yang semakin menurun/memburuk dari 8 bank lainnya ( Bank Papan Sejahtera, United City Bank, Bank Tiara Asia, Bank Universal, Bank PDFCI, Tamara Bank, Bank Palapa(Duta),dan Bank Rama.

Dari hasil tersebut disimpulkan bahwa nilai Z dari 16 bank tersebut berada dibawah standar dan diprediksikan bangkrut. Berdasarkan kesimpulan tersebut maka diajukan saran bahwa perusahaan perbankan tersebut hendaknya memiliki standar nilai mengenai tingkat kesehatan dan kebangkrutan mereka sendiri dan hendaknya pihak manajemen segera mengambil tindakan yang dianggap perlu untuk mencegah kemungkinan ditutupnya usaha bank tersebut.
File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis