Penulis Utama : Meildawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2003
Judul : Pengaruh efektivitas sistem akuntansi manajemen terhadap peningkatan kinerja manajerial ketidakpastian lingkungan dan struktur organisasional sebagai variabel moderating
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2003
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F1301089-2003
Subyek : MANAJEMEN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

 

 

Penelitian ini menguji secara empiris efektivitas sistem akuntansi manajemen dalam peningkatan kinerja manajerial dengan menggunakan pendekatan kontijensi. Dua variabel kontijen yang diselidiki adalah ketidakpastian lingkungan dan struktur organisasional. Kuesioner dikirimkan kepada 200 manajer perusahaan manufaktur dalam bentuk Perseroan Terbatas di wilayah Semarang. Empat puluh tujuh jawaban responden dianalisis dengan menggunakan regresi linier sederhana dan regresi berganda (multiple regression). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode kuesioner. Sampel dipilih dengan menggunakan simple random sampling. Hasil pengujian menggunakan regresi linier sederhana berhasil mendukung hipotesis pertama, yaitu keandalan sistem akuntansi manajemen akan meningkatkan kinerja manajerial.

Hasil pengujian menggunakan regresi berganda berhasil mendukung hipotesis kedua, Pengaruh sistem akuntansi manajemen terhadap kinerja manajerial akan positif pada kondisi ketidakpastian lingkungan tinggi, tetapi mempunyai pengaruh negatif pada kondisi ketidakpastian lingkungan rendah.

Interaksi antara sistem akuntansi manajemen dan struktur organisasional tidak mempengaruhi kinerja manajerial, sehingga penelitian ini tidak berhasil mendukung hipotesis ketiga yang menyatakan sistem akuntansi manajemen mempunyai pengaruh yang tinggi terhadap kinerja manajerial pada struktur organisasi desentralisasi dan mempunyai pengaruh rendah pada struktur organisasi sentralisasi.

Dari hasil penelitian tersebut, peneliti memberikan beberapa saran. Pertama, perlu adanya variabel kontijensi lain dalam hubungannya dengan sistem akuntansi manajemen dan kinerja manajerial; kedua, berkenaan dengan penggunaan ukuran self-rating scale yang mengakibatkan penilaian kinerja cenderung tinggi, diperlukan ukuran kinerja yang lebih obyektif seperti ukuran ROA dan ROI, dan yang terakhir untuk penelitian selanjutnya diharapkan bisa melakukan uji nonresponse bias, sehingga dapat diketahui ada atau tidak perbedaan antara responden yang menjawab dengan responden yang tidak menjawab.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Drs. Santoso Tri Hananto, M.Si.,Ak
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis