Penulis Utama : Christ Tree Asa
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2003
Judul : Analisis pengaruh sikap dan norma subyektif terhadap minat konsumen untuk membeli personal computer lokal (studi pada mahasiswa Fakultas Ekonomi UNS)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2003
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F0299040-2003
Subyek : KONSUMEN, PERILAKU
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah (1) Apakah terdapat pengaruh antara sikap (Ab) dan norma subyektif (SN) secara individual terhadap minat mahasiswa Fakultas Ekonomi UNS untuk membeli PC lokal (2) Apakah terdapat pengaruh antara sikap (Ab) dan norma subyektif (SN) secara bersama-sama terhadap minat mahasiswa Fakultas Ekonomi UNS untuk membeli PC lokal (3) Variabel manakah yang mempunyai pengaruh paling dominan terhadap minat mahasiswa Fakultas Ekonomi UNS untuk membeli PC lokal. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh sikap (Ab) dan norma subyektif (SN) secara individual terhadap minat mahasiswa Fakultas Ekonomi UNS untuk membeli PC lokal. (2) Untuk mengetahui pengaruh sikap (Ab) dan norma subyektif (SN) secara bersama-sama terhadap minat mahasiswa Fakultas Ekonomi UNS untuk membeli PC lokal. (3) Untuk mengetahui variabel yang memiliki pengaruh paling dominan terhadap minat mahasiswa Fakultas Ekonomi UNS untuk membeli PC lokal. Hipotesis yang diajukan adalah (1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara sikap (Ab) dan norma subyektif (SN) secara individual terhadap minat mahasiswa Fakultas Ekonomi UNS untuk membeli PC lokal. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara sikap (Ab) dan norma subyektif (SN) secara bersama-sama terhadap minat mahasiswa Fakultas Ekonomi UNS untuk membeli PC lokal (3) Variabel norma subyektif (SN) mempunyai pengaruh yang paling dominan terhadap minat mahasiswa Fakultas Ekonomi UNS untuk membeli PC lokal.

Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa S1 Reguler Fakultas Ekonomi Universitas Sebelas Maret angkatan 1999, 2000, 2001, 2002 yang belum mempunyai PC lokal. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 100 mahasiswa. Pengambilan sampel menggunakan metode Convenience. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, mengisi kuesioner, observasi, dan studi literatur. Pengukuran terhadap tanggapan konsumen menggunakan skala Likert, kemudian data yang telah terkumpul diuji tingkat validitas dan reliabilitasnya untuk mengetahui seberapa cermat dan konsisten alat ukur yang digunakan. Analisis data yang dilakukan meliputi analisis deskriptif dan analisis kuantitatif. Analisis kuantitatif terdiri dari analisis regresi berganda, uji t, uji F, uji determinasi berganda (R2) dan analisis model Theory of Reasoned Action.

Dari hasil analisis deskriptif dapat diketahui bahwa dari 100 orang mahasiswa yang dijadikan responden, 55 orang adalah pria dan 45 orang adalah wanita. Distribusi berdasarkan jurusan menunjukkan bahwa 30 orang responden berasal dari jurusan IESP, 42 orang berasal dari jurusan Manajemen dan 28 orang berasal dari jurusan Akuntansi. Sedangkan berdasarkan semester, dapat diketahui bahwa dari 100 orang responden tersebut, 31 orang berada di semester II, 17 orang berada disemester IV, 20 orang berada di semester VI, dan 32 orang berada di semester VIII. Dari hasil analisis regresi berganda diperoleh persamaan regresi sebagai berikut : Y = -1,070 + 0,01944 X1 + 0,01852 X2. Uji t yang dilakukan membuktikan bahwa hipotesis pertama diterima, yaitu terdapat pengaruh yang signifikan antara sikap (Ab) dan norma subyektif (SN) secara individual terhadap minat mahasiswa Fakultas Ekonomi UNS untuk membeli PC lokal. Hal ini ditunjukkan dengan nilai t-hitung sikap dan norma subyektif yang lebih besar daripada nilai t-tabel (1,98) yaitu sebesar 6,976 untuk variabel sikap dan 4,201 untuk variabel norma subyektif. Dari hasil uji t juga membuktikan bahwa variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap minat adalah sikap, hal ini berarti hipotesis ketiga ditolak. Hipotesis ketiga ditolak karena mahasiswa adalah orang yang berpendidikan tinggi sehingga lebih rasional dan tidak mudah terpengaruh dalam mengambil keputusan. Sedangkan untuk uji F menghasilkan nilai F-hitung > F-tabel yaitu sebesar 53,470, hal ini menunjukkan bahwa sikap dan norma subyektif secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap minat. Dari uji F tersebut dapat diketahui bahwa hipotesis kedua diterima, yaitu bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara sikap (Ab) dan norma subyektif (SN) secara bersama-sama terhadap minat mahasiswa Fakultas Ekonomi UNS untuk membeli PC lokal. Analisis model Theory of Reasoned Action menghasilkan nilai variabel sikap sebesar 15.458, hal ini berarti konsumen memiliki sikap yang positif terhadap pembelian PC lokal. Nilai variabel norma subyektif menunjukkan angka sebesar 9.313, ini berarti bahwa konsumen mempertimbangkan saran dari orang lain (referen). Sedangkan untuk variabel minat diperoleh nilai sebesar 472,98, yang berarti konsumen berminat untuk membeli PC lokal.

Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini yaitu bahwa variabel sikap dan norma subyektif mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap minat, baik secara bersama-sama maupun secara individual. Hal ini menunjukkan bahwa penelitian ini sejalan dengan Theory of Reasoned Action. Dalam penelitian ini variabel yang berpengaruh paling dominan terhadap minat adalah variabel sikap. Konsumen memiliki sikap yang paling positif terhadap harga yang murah. Dan untuk melakukan pembelian PC lokal konsumen paling mempertimbangkan saran dari orang tua. Beberapa saran yang dapat dikemukakan dalam penelitian ini adalah produsen dan pedagang PC lokal perlu mempertahankan harga yang relatif murah karena konsumen memiliki sikap yang positif terhadap atribut ini. Produsen dan pedagang PC lokal perlu mengembangkan promosinya, misalnya melalui personal selling apabila mempunyai dana yang memadai untuk promosi. Dengan personal selling diharapkan produsen dan pedagang PC lokal dapat mempengaruhi secara lebih efektif terutama para orang tua sebagai referen yang paling berpengaruh terhadap minat konsumen untuk membeli PC lokal.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Dra. Sri Suwarsi, MM
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis