Penulis Utama : Ika Retno Savitri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2003
Judul : Evaluasi sistem informasi akuntansi penerimaan kas dari penjualan kredit (studi kasus pada CV. Putra Wahyu Rotan Gatak Sukoharjo)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2003
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F1301073-2003
Subyek : SISTEM INFORMASI AKUNTANSI
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini bertempat di CV. Putra Wahyu Rotan Gatak Sukoharjo yang bergerak dalam bidang pembuatan rotan yang diekspor ke luar negri. Penelitian ini bertujuan untuk mengadakan evaluasi terhadap SIA penerimaan kas dari penjualan kredit yang sudah dijalankan oleh CV. Putra Wahyu Rotan Gatak Sukoharjo sehingga diketahui kebaikan dan kelemahan yang ada pada SIA penerimaan kas dari penjualan kredit perusahaan. Selanjutnya kebaikan yang ada dipertahankan dan kelemahan yang ada diperbaiki.

            Penelitian ini dimaksud untuk memperbaiki SIA peneriman kas dari penjualan kredit pada  CV. Putra Wahyu Rotan Gatak Sukoharjo yang dilaksanakan berdasarkan hasil wawancara langsung dengan pimpinan perusahaan, observasi langsung terhadap pelaksanaan SIA penerimaaan kas dari penjulan kredit perusahaan dan dengan melakukan analisis data yang diperoleh dari perusahaan.

            Evaluasi SIA penerimaan kas dari penjualan kredit pada CV. Putra Wahyu Rotan Gatak Sukoharjo meliputi evaluasi struktur organisasi perusahaan, identifikasi SIA penerimaan kas dari penjualan kredit perusahaan, identifikasi kebaikan dan kelemahan SIA penerimaan kas dari penjualan kredit perusahaan dan membuat rekomendasi perbaikan SIA penerimaaan kas dari penjualan kredi perusahaan.  Adapun kebaikan dari SIA penerimaaan kas dari penjualan kredit pada CV. Putra Wahyu Rotan Gatak Sukoharjo yaitu dalam melaksanakan transaksi dari awal sampai akhir tidak dilakukan oleh satu fungsi. Fungsi akuntansi sudah terpisah dari fungsi keuangan. Dalam penggunaan formulir selalu dibuat rangkap. Adapun kelemahannya adalah masih ada perangkapan fungsi yaitu fungsi administrasi umum dan fungsi akuntansi masih dirangkap oleh fungsi akuntansi dan administrasi sehingga mengakibatkan penumpukan beban kerja. Dalam penggunaan formulir belum bernomor urut tercetak, perusahaan tidak membuat surat tagihan piutang kepada pelanggan yang akan jatuh tempo, dalam pembuatan jurnal penjualan dan penerimaan kas sisi debit dan kredit tidak jelas. Perusahaan tidak membuat kartu piutang, kartu persediaan dan  daftar bukti transfer bank.

            Dari evaluasi kelemahan yang ada diberikan rekomendasi perbaikan SIA penerimaan kas dari penjualan kredit pada CV. Putra Wahyu Rotan Gatak Sukoharjo. Hal-hal yang  perlu dilakukan adalah pembentukan struktur organisasi perusahaan dan deskripsi jabatannya agar sesuai dengan SPI yang baik, perancangan formulir dan penambahan formulir serta perancangan catatan akuntansi yang diperlukan dalam SIA penerimaan kas dari penjualan kredit pada CV. Putra Wahyu Gatak Sukoharjo.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Dra. Muthmainah, M.Si, Ak
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis