Penulis Utama : Emawati
NIM / NIP : F3619027
×

ABSTRAK

ANALISIS PENGARUH ADANYA KONTEN DI MEDIA SOSIAL DAN LITERASI KEUANGAN TERHADAP MINAT INVESTASI DI PASAR MODAL PADA GENERASI MILLENIAL

(STUDI KASUS GENERASI MILLENIAL SE-SOLORAYA)

 

Emawati

F3619027

 

Selama tahun 2020-2022 telah terjadi peningkatan jumlah investor saham di pasar modal. Peningkatan ini terjadi terutama pada investor rentang usia <=30 tahun atau kategori generasi millenial. Jumlah investor khususnya pada generasi millenial ini banyak karena adanya perubahan zaman, pesatnya perkembangan teknologi dan adanya digitalisasi dalam industri keuangan di Indonesia. Dengan adanya hal ini Bursa Efek Indonesia (BEI) sebagai penyedia jasa layanan investasi di Indonesia banyak melakukan perubahan guna lebih mendekatkan masyarakat dengan dunia investasi khususnya terkait pasar modal. BEI banyak melakukan kegiatan edukasi dan sosialisasi terkait investasi dan pasar modal di kalangan masyarakat dengan memanfaatkan adanya perkembangan teknologi terkini agar lebih mudah diterima oleh masyarakat.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitaif berupa pengujian menggunakan uji regresi linier berganda dengan bantuan aplikasi SPSS versi 28.0, dimana menguji terkait pengaruh adanya konten di media sosial dan literasi terhadap minat investasi generasi millenial di wilayah Soloraya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh dari konten di media sosial dan adanya literasi keuangan terhadap minat investasi para generasi millenial yang ada di wilayah Soloraya. Dalam penelitian ini data didapatkan melalui kuesioner yang dibagikan kepada para responden yaitu generasi usia millenial antara 22-32 tahun yang ada di wilayah Soloraya, dan terdapat sekitar 296 orang responden yang mengisi kuesioner namun hanya diambil sekitar 100 responden sebagai data penelitian yang sesuai dengan kriteria penelitian .

Hasil dari penelitian ini menunjukan pengaruh adanya konten di media sosial terhadap minat investasi generasi millenial di wilayah Soloraya, begitupula dengan variabel literasi keuangan yang juga berpengaruh terhadap minat investasi generasi millenial di wilayah Soloraya. Serta adanya pengaruh dari variabel konten di media sosial dan literasi secara bersamaan dalam meningkatkan minat investasi generasi millenial di wilayah Soloraya.

Kata Kunci : Konten di Media Sosial, Literasi Keuangan, Minat Investasi, Bursa Efek Indonesia (BEI), Pasar Modal.

×
Penulis Utama : Emawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F3619027
Tahun : 2022
Judul : Analisis Pengaruh Adanya Konten di Media Sosial dan Literasi Keuangan terhadap Minat Investasi di Pasar Modal pada Generasi Millenial (Studi Kasus Generasi Millenial Se-Solo Raya)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2022
Program Studi : D-3 Keuangan Perbankan
Kolasi :
Sumber : -
Kata Kunci : Kata Kunci : Konten di Media Sosial, Literasi Keuangan, Minat Investasi, Bursa Efek Indonesia (BEI), Pasar Modal.
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Diah Pramesti, S.E,. M. M
Penguji : 1. Rosita Mei Damayanti, S.E., M.Rech.
2. Diah Pramesti, S.E,. M. M
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.