Penulis Utama : Eko Wibawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2003
Judul : Brosur info alfa dan perilaku membeli (studi kolerasi antara motivasi membaca, tanggapan terhadap isi dan penyajian pesan dalam brosur info alfa dan kelas sosial dengan perilaku membeli di kalangan pengunjung alfa tahun 2003)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2003
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F0299046-2003
Subyek : KONSUMEN, PERILAKU
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Skripsi berjudul ‘ BROSUR INFO ALFA DAN PERILAKU MEMBELI’ ini disusun penulis dengan melihat latar belakang semakin ketatnya persaingan antar pasar swalayan di Solo untuk saling meningkatkan volume penjualan. Sebagai buntut maraknya bisnis eceran modern ini adalah meningkatnya kompetisi dalam usaha untuk menarik konsumen,maka dari itu perlu adanya promosi-promosi yang bersifat agresif. Promosi ini sudah menjadi kegiatan pokok, yang harus dilakukan oleh perusahaan untuk mempertahankan hidupnya dan mendapatkan laba. Untuk tujuan ini maka cara yang tepat dilakukan oleh perusahaan adalah dengan beriklan . Bagaimanapun tidak dapat disangkal bahwa iklan adalah merupakan suatu komunikasi pemasaran yang paling efektif dan efisien dalam mempengaruhi konsumen.

      Iklan disini digunakan sebagai alat komunikasi antara produsen dan konsumen yaitu antara pihak perusahaan ALFA dengan konsumennya. Iklan tidak selalu diartikan dengan pemasangan papan reklame dan pemasangan iklan pada media massa akan tetapi dapat dilakukan di toko tempat dilakukannya transaksi jual beli.Seorang pembeli akan tertarik membeli suatu barang kala dia tahu barang berikut keistimewaannya.

      Di ALFA digunakan sales literature yang berupa brosur sebagai media iklannya. Karena dikeluaran oleh pihak ALFA dan berisi tentang informasi seputar produk-produk ALFA maka  disebut Brosur Info ALFA. Brosur Info ALFA yang terbit 2 mingguan ini harus bersaing dengan berbagai iklan produk yang sama yang muncul setiap saat di media massa lain. Untuk itu diperlukan suatu upaya untuk menarik perhatian konsumen dengan menekankan pada segi kreativitas dalam pembuatan brosur.

      Dari penampilan brosur yang menarik diharapkan konsumen tertarik untuk membaca yang selanjutnya pesan itu nantinya akan menghasilkan tanggapan dan perilaku membeli.Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa dalam penelitian ini penulis ingin mengetahui:

  1. Ada tidaknya hubungan yang signifikan antara motivasi membaca Brosur Info ALFA  dengan perilaku membeli di kalangan konsumen ALFA.
  2. Ada tidaknya hubungan yang signifikan antara tanggapan terhadap isi dan penyajian pesan dalam  Brosur Info ALFA  dengan perilaku membeli di kalangan konsumen ALFA.
  3. Ada tidaknya hubungan yang signifikan antara status sosial ekonomi  dengan perilaku membeli di kalangan konsumen ALFA.

Untuk menjawab permasalahan tersebut dilakukan penelitian kepustakaan dan lapangan yang pada dasarnya untuk megumpulkan data yang diperlukan.

Penelitian ini bersifat eksplanatif artinya bertujuan membuktikan hipotesa yang telah diajukan. Sedang metode yang digunakan adalah metode survey yaitu pengumpulan data melalui kuisioner. Sample yang diambil dalam penelitian ini sejumlah 100 orang, diambil dari pengunjung ALFA pada bulan April 2003. Adapun hipotesa  yang diajukan dalam penelitian ini adalah :

1. Ada hubungan yang signifikan antara motivasi membaca Brosur Info ALFA  dengan perilaku membeli di kalangan konsumen ALFA.

2. Ada hubungan yang signifikan antara tanggapan terhadap isi dan penyajian pesan dalam  Brosur Info ALFA  dengan perilaku membeli di kalangan konsumen ALFA.

3. Ada hubungan yang signifikan antara status sosial ekonomi dengan perilaku membeli di kalangan konsumen ALFA.

Berdasarkan perumusan masalah dan hipotesa diatas, maka dapat dilihat bahwa dalam penelitian ini penulis ingin mengetahui hubungan 2 variabel denang menggunakan rumus Tata Jenjang Spearman.

Setelah kuisioner disebar, kemudian ditarik kembali,dikoding dan ditabulasikan dan dianalisa, maka diperoleh hasil dari penelitian ini, yaitu:

1.  Ada hubungan yang signifikan antara motivasi membaca Brosur Info ALFA  dengan perilaku membeli di kalangan konsumen ALFA. Dalam uji signifikan diperoleh  harga t hitung hasil perhitungan kedua variabel (XY)  lebih besar dari harga kritik (t) student ,yaitu 2,89 (hasil perhitungan interplasi) dengan derajat kebebasan (df)=98; yaitu 1,671>1,658 (t student) pada taraf kepercayaan 95 % atau = 0,05 untuk uji satu arah.

2.  Ada hubungan yang signifikan antara tanggapan terhadap isi dan penyajian pesan dalam  Brosur Info ALFA  dengan perilaku membeli di kalangan konsumen ALFA. Dalam uji signifikan diperoleh  harga t hitung hasil perhitungan kedua variabel (XY)  lebih besar dari harga kritik (t) student ,yaitu 4,44 (hasil perhitungan interplasi) dengan derajat kebebasan (df)=98; yaitu 1,671>1,658 (t student) pada taraf kepercayaan 95 % atau = 0,05 untuk uji satu arah.

3.  Ada hubungan yang signifikan antara status sosial ekonomi dengan perilaku membeli di kalangan konsumen ALFA. Dalam uji signifikan diperoleh  harga t hitung hasil perhitungan kedua variabel (XY)  lebih besar dari harga kritik (t) student ,yaitu 3,41(hasil perhitungan interplasi) dengan derajat kebebasan (df)=98; yaitu 1,671>1,658 (t student) pada taraf kepercayaan 95 % atau = 0,05 untuk uji satu arah.

            Demikianlah gambaran singkat dari penelitian ini. Jadi dapat disimpulkan bahwa mayoritas dari responden memberikan penilaian yang positif terhadap Brosur Info ALFA oleh karena itu kualitasnya harus dipertahankan baik dari segi isi maupun tampilannya sehingga apa yang diharapkan oleh perusahaan dapat tercapai yaitu  meningkatkan volume penjualan.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Drs. Nuryanto
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP