Penulis Utama : Ari Astuti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2005
Judul : Perilaku agnormal dalam novel Pintu Terlarang karya Sekar Ayu Asmara : pendekatan psikologi sastra
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Sastra UNS - 2005
Kolasi :
Sumber : UNS-fak. Sastra NIM.C0200011-2005
Subyek : FIKSI INDONESIA
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini menganalisis (1) perilaku abnormal Gambir, dr. Koentoro, Melati, dan Dion dalam novel PT, (2) faktor–faktor penyebab timbulnya perilaku abnormal dalam novel PT, (3) gambaran dunia fantasi Gambir dalam novel PT.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Objek penelitian ini adalah tokoh-tokoh yang berperilaku abnormal dalam novel PT. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah novel Pintu Terlarang yang diterbitkan oleh PT. Andal Krida Nusantara, Mei 2004 setebal 227 halaman.

Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik pustaka dan teknik simak catat. Teknik pengolahan data dalam penelitian ini melalui tiga tahap yaitu tahap reduksi data, tahap penyajian data, dan tahap penarikan simpulan.

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan psikologi sastra. Pendekatan psikologi sastra mengkaji dan menelaah karya sastra dengan bantuan ilmu–ilmu psikologi.

Simpulan yang bisa diambil dari penelitian ini adalah sebagai berikut. Perilaku abnormal dalam novel Pintu Terlarang meliputi neurotik dan psikotik. Orang yang menderita neurotik masih bisa berintegrasi dan berkomunikasi dengan lingkungannya. Sementara itu, orang yang menderita psikotik lebih parah dari orang neurotik, begitu parahnya sehingga hubungannya dengan dunia luar sudah terputus. Di dalam novel PT ada beberapa perilaku yang digolongkan ke dalam neurotik, yaitu pobia, distres, perilaku sosial defektif, kecemasan riil, dan kecemasan neurotik. Sementara itu yang tergolong ke dalam psikotik yaitu psikotik fungsional.

Faktor-faktor penyebab timbulnya perilaku abnormal dalam novel PT antara lain yaitu faktor genetik atau keturunan, faktor lingkungan, dan faktor dari dalam dirinya sendiri. Dalam novel PT, ketiga faktor tersebut merupakan faktor yang paling utama dalam diri tokoh sampai tokoh tersebut bisa berperilaku abnormal. Hal tersebut berhubungan dengan teori psikoanalisis yang mengatakan bahwa hidup psikis manusia dipengaruhi oleh tiga faktor, yaitu id, ego, dan super ego. Perilaku abnormal seseorang timbul karena tidak seimbangnya fungsi id, ego, dan super ego. Perilaku abnormal seseorang timbul karena fungsi id lebih mendominasi daripada fungsi super ego.

Gambaran dunia fantasi tokoh dalam novel PT adalah fantasi Gambir. Fantasi dalam novel PT ini adalah fantasi penderita psikotik. Fantasi diciptakan untuk melarikan diri dari dunia realitas, karena keberadaan penderita psikotik tersebut sudah tidak bisa lagi diterima oleh masyarakat. Hubungan antara dirinya dengan lingkungan sudah terputus maka, ia menciptakan dunianya sendiri yaitu dunia fantasi atau dunia imajiner.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Dr. H. Bani Sudardi, M. Hum.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Sastra dan Seni Rupa