Penulis Utama : Darmadi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2003
Judul : Pembentukan verba denomina bentuk meng-d, meng-d-kan dan meng-d-i dalam Bahasa Indonesia
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Sastra UNS - 2003
Kolasi :
Sumber : UNS-fak. Sastra NIM.C0298020-2003
Subyek : BAHASA INDONESIA-TATA BAHASA
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian tentang pembentukan V denomina bentuk meng-D, meng-D-kan, dan meng-D-i dalam bahasa Indonesia ini dimaksudkan untuk mengungkapkan bentuk-bentuk V denomina apa saja yang muncul dalam kemungkinannya untuk dibentuk menjadi V denomina bentuk meng-D, meng-D-kan, dan meng-D-i dengan afiks meng-, meng-kan, dan meng-i serta hubungan antara ketiga afiks tersebut, hubungan antara ciri bentuk dan ciri makna dari V denomina bentuk meng-D, meng-D-kan, dan meng-D-i, tipe-tipe semantik yang muncul dari V denomina bentuk meng-D, meng-D-kan, dan meng-D-i, serta produktivitas dari masing-masing afiks tersebut.

Di dalam penelitian ini digunakan teori-teori yang berhubungan atau sesuai dengan pokok permasalahan yang ada, baik berupa buku ataupun makalah. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan dua teknik, yaitu dari sumber-sumber tertulis dan didukung dengan penuturan informan, sehingga akan diperoleh bentuk data tertulis dan data lisan. Sumber-sumber tertulis yang dipakai di sini adalah surat kabar Kompas, Jawa Pos, dan Solopos terbitan bulan Januari sampai dengan Maret 2003. Data yang telah terkumpul kemudian diklasifikasikan berdasarkan afiks pembentuknya, sifat ketransitifannya dan jenis dasar nominanya, untuk selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik-teknik yang terdapat dalam metode distribusional, di antaranya adalah teknik urai unsur terkecil dan teknik oposisi dua-dua.

Setelah meneliti pembentukan V denomina dengan afiks meng-, meng-kan, dan meng-i dalam bahasa Indonesia, maka diambil kesimpulan berdasarkan afiks pembentuknya, yaitu meng-, meng-kan dan meng-i serta hubungan dari ketiganya dihasilkan V denomina bentuk meng-D, meng-D-kan menolak meng-D-i, meng-D-i menolak meng-D-kan dan yang bisa mengambil bentuk meng-D-i dan meng-D-kan. Berdasarkan status ketransitifan dan DN pembentuknya, afiks meng- pada meng-D dapat menghasilkan meng-D intransitif yang dibentuk dari DN jenis nama jenis, nama zat dan abstrak, meng-D semitransitif yang dibentuk dari DN jenis nama jenis, nama zat, nama kumpulan dan abstrak, dan meng-D transitif yang dibentuk dari DN jenis nama jenis, nama zat dan abstrak. Afiks meng-kan pada bentuk meng-D-kan menolak meng-D-i dapat menghasilkan bentuk meng-D-kan transitif yang dibentuk dari dasar nomina jenis nama jenis, nama kumpulan dan abstrak. Afiks meng-i pada bentuk meng-D-i menolak meng-D-kan dapat menghasilkan bentuk meng-D-i transitif yang dibentuk dari dasar nomina jenis nama jenis, nama zat dan abstrak. V denomina yang bisa mengambil bentuk meng-D-kan dan meng-D-i dibentuk dari DN jenis nama jenis dan abstrak.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. H. Edi Subroto
2. Drs. Kaswan Darmadi, M.Hum.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Sastra dan Seni Rupa