Penulis Utama : Ratna Agung Kurniawan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2003
Judul : Analisis pengaruh biaya pemasaran terhadap volume penjualan pada perusahaan roti Tri Putri
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2003
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F3200044-2003
Subyek : IKLAN-ASPEK PEMASARAN
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Pemasaran adalah kegiatan yang sangat penting dalam suatu kegiatan usaha yang menghasilkan barang maupun jasa. Karena tanpa kegiatan pemasaran barang ataupun jasa yang dihasilkan akan sulit bahkan bisa tidak mungkin terjual karena tidak memiliki pasar maupun konsumen.

Dalam kegiatan suatu usaha pastilah tidak lepas dari yang namanya biaya. Begitu juga kegiatan pemasaran membutuhkan biaya-biaya untuk pelaksanaannya. Biaya-biaya inilah yang disebut biaya pemasaran. Biaya pemasaran mungkin dapat mempengaruhi volume penjualan baik kenaikkannya ataupun penurunannya dalam setiap penambahan biaya pemasaran.

Dalam penelitian ini penulis mempunyai tujuan yaitu untuk mengetahui pengaruh biaya pemasaran terhadap volume penjualan pada perusahaan roti Tri Putri di Surakarta. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan wawancara melalui pihak yang bersangkutan dan studi pustaka.

Di perusahaan roti Tri Putri ini biaya-biaya pemasaran yang teridentifikasi adalah biaya penjualan, biaya pembungkusan dan pengiriman, dan biaya administrasi pemasaran. Melalui persamaan regresi linier ganda, dengan rumus Y = a + b1X1+ b2X2 +b3X3, dimana a adalah konstanta dan b adalah koefisien, maka penulis akan menunjukkan pengaruh biaya-biaya pemasaran ( biaya penjualan, biaya pembungkusan dan pengiriman, biaya administrasi pemasran ). Untuk mencari persamaan regresi linier ganda diatas penulis dalam mengolah data dibantu alat bantu komputer melalui program SPSS untuk mencari nilai konstanta dan koefisiennya guna menunjukkan pengaruh biaya-biaya pemasaran terhadap volume penjualan.

Berdasarkan dari hasil penelitian dan analisa data maka penulis mengambil kesimpulan bahwa jika biaya penjualan dinaikkan maka akan memiliki pengaruh terhadap penurunan volume penjualan dengan asumsi keadaan atau hal yang lain tidak berubah atau tetap dan jika biaya pembungkusan dan pengiriman serta biaya administrasi pemasaran dinaikkan maka akan mempengaruhi terhadap kenaikkan volme penjualan karena memiliki nilai koefisien positif.

Saran yang dapat penulis berikan adalah sebaiknya perusahaan tidak perlu menaikkan biaya penjualan yang sudah ada tetapi perusahaan dapat menaikkan biaya-biaya pemasaran yang lain terutama biaya administrasi pemasaran yang memiliki koefisien positif yang paling besar. Sehingga dengan demikian perusahaan dapat mencapai volume penjualan yang diinginkan.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Drs. Djoseno Ranupandojo
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis