Penulis Utama : Neni Setyarini
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2003
Judul : Pengaruh kepuasaan kerja dan komitmen organisasional terhadap keinginan untuk pindah : studi pada PT. ASIA MARKO Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2003
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F0298096-2003
Subyek : MANAJEMEN PERSONALIA
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini ditujukan untuk menguji pengaruh kepuasan kerja dan komitmen organisasional terhadap keinginan untuk pindah. Sehubungan dengan permasalahan tersebut maka diajukan hipotesis sebagai berikut (1) kepuasan kerja berpengaruh negatif terhadap keinginan untuk pindah, (2) komitmen organisasional berpengaruh negatif terhadap keinginan untuk pindah, dan (3) kepuasan kerja dan komitmen organisasional serentak berpengaruh terhadap keinginan untuk pindah.

Dalam penelitian ini terdapat tiga variabel yaitu variabel independen yang terdiri dari kepuasan kerja dan komitmen organisasional serta keinginan untuk pindah sebagai variabel dependen.

Sejalan dengan masalah tersebut dan hipotesis penelitian maka penelitian ini dilaksanakan dengan teknik pengambilan sample nonprobability sampling berupa conveniance sampling. Teknik ini digunakan dengan pertimbangan adanya kebijaksanaan dari perusahaan. Instrumen yang digunakan adalah wawancara dan kuesioner. Dalam analisis keuantitatif dilakukan pengujian validitas dan reliabilitas terhadap kuesioner. Untuk menguji pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen digunakan uji regresi berganda.

Dari 100 kuesioner yang disebar, diperoleh pengembalian sebanyak 71 eksemplar, dan dari kuesioner yang kembali hanya 66 eksemplar saja yang dapat digunakan. Dari hasil uji validitas dan reliabilitas, semua variabel memiliki validitas dan reliabilitas yang dapat diterima.

Dari hasil uji regresi berganda antara variabel independen dengan variabel dependen diperoleh hasil yang tidak signifikan dengan nilai F sebesar 0,462 dan R2 sebesar 0,057. Sedangkan dari hasil uji t menunjukkan bahwa variabel kepuasan kerja secara parsial tidak berpengaruh terhadap keinginan untuk pindah, yaitu dengan nilai signifikan 0,916. Sedang untuk komitmen organisasional yang terdiri dari continuance commitment, normative commitment dan affective commitment diperoleh nilai signifikan masing-masing sebesar 0,255; 0,605 dan 0,279.

Dari hasil analisis tersebut maka dapat diambil kesimpulan bahwa (1) kepuasan kerja tidak berpengaruh terhadap keinginan untuk pindah, dan (2) komitmen organisasional tidak berpengaruh terhadap keinginan untuk pindah. Sedangkan hasil uji-F menunjukkan bahwa kedua variabel independen secara serentak tidak berpengaruh terhadap keinginan untuk pindah.

Berdasarkan hasil di atas penulis memberikan beberapa saran. Pertama, bagi peneliti selanjutnya yang tetap ingin meneliti faktor- faktor yang mempengaruhi keinginan untuk pindah sebaiknya menggunakan sampel yang lebih besar daripada sampel penelitian ini atau menggunakan variabel-variabel lain terutama yang belum digunakan dalam penelitian ini. Kedua, dalam hal penyebaran kuesioner peneliti selanjutnya sebaiknya membagikan sendiri secara langsung pada responden dan menjelaskannya agar responden yang merasa kurang jelas dengan maksud pertanyaan kuesioner dapat menanyakan langsung kepada peneliti sehingga hasil yang diperoleh dapat lebih akurat.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Mugi Harsono, SE, MSi
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis