Penulis Utama : Herman J. Waluyo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2004
Judul : Pengembangan Model Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Pendekatan Apresiasi Drama
Edisi :
Imprint : Jakarta - DP3M Depdiknas - 2004
Kolasi :
Sumber :
Subyek : BAHASA INDONESIA-STUDI DAN PENGAJARAN
Jenis Dokumen : Laporan Penelitian Dosen
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini adalah penelitian hibah kompetitif yang diperebutkan oleh program Pascasarjana di seluruh Indonesia. Penelitian ini berupa penelitian pengembangan, yaitu pengembangan model pembelajaran bahasa Indonesia yang pada muaranya adalah kompetensi kebahasaan, yang meliputi:  mendengarkan, berwicara, membaca, dan menulis. Penelitian dilaksanakan di SMA daerah Surakarta. Penelitian ini dibiayai untuk 3 tahun anggaran yang meliputi: (1) tahun I pengembangan model, yaitu mengembangkan teori dan prototype menjadi model pembelajaran dengan pendekatan apresiasi drama. Pada akhir tahun I telah dihasilkan model tersebut yang bersama dengan silabus, menjadi pedoman pelaksanaan pembelajaran Bahasa Indonesia dengan pendekatan apresiasi drama.

Pada tahun kedua, model yang sudah jadi tersebut dikembangkan menjadi buku ajar yang sudah dicetak (diterbitkan. Pengembangan dilaksanakan untuk Klas II (Klas 11) SMA dengan menggunakan 6 sekolah, yaitu SMA Negeri 3 Karanganyar, SMA Negeri mojolaban, SMA Negeri 1 Tawangsari, SMA Negeri l Sukoharjo, dan SMA Negeri 3 Surakarta. Masing-masing sekolah mengujicobakan 1 naskah drama untuk satu sekolahan. Tiga drama untuk semester I dan 3 drama untuk semester II. Dalam action research itu sekaligus diperbaiki naskah dan instruksi-instruksi

      Pada Tahap III buku yang sudah dicetak itu dieksperimentasikan untuk menentukan apakah cukup efektif untuk pembelajaran bahasa Indonesia. Penelitian tahap III ini belum dilaksanakan karena saat ini baru sampai pada penelitian tahap II (belum selesai).

File Dokumen : Tidak ada file dalam dokumen ini.
File Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Pascasarjana