Penulis Utama : Herman J. Waluyo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 1998
Judul : Pembinaan Kesenian Tradiisional di Objek Wisata Candi Borobudur
Edisi :
Imprint : Jakarta - DP3M Depdiknas - 1998
Kolasi :
Sumber :
Subyek : KESENIAN
Jenis Dokumen : Laporan Penelitian Dosen
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini didanai oleh DP3M Depdiknas sebagai kegiatan IPTEKS. Kegiatan ini dilaksanakan selama satu tahun. Setelah diadakan diskusi, FGD, dan berbagai training, kemudian diadakan action research kepada 3 group jatilah di Menoreh, Borobudur, Magelang, yaitu: Jatilah Turonggo Mudho, Turonggo Sakti, dan Turonggo Tepus.

            Untuk pelatihan teknis, didatangkan pelatih dari Wonolelo, Borobudur. Ia berpengalaman melatih jathilan danberhasil mengantar anak asuhnya menjadi juara dalam Festival Jathilan Kabupaten Magelang.

            Pada bulan Oktober 1998 diadakan Festival antar ketiga jathilan tersebut dengan dihadiri Bupati KDH Magelang, staf, camat, dan Dinas Kesenian Kabupaten. Bupati memberikanhadiah 2 kambing untuk pemenang I dan II, dan seekor jago besar untuk pemenang III. PemenangI adalah Turonggo akti dari Wonolelo Borobudur, pemenang II adalah Turonggo Mudho dari Kerukdeso, dan Pemenang III adalah Turonggo tepus dari Madugondo. Jathilan binaan itu hidup berjaya hingga kini.

File Dokumen : Tidak ada file dalam dokumen ini.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Pascasarjana