Penulis Utama : Yoga Putra Jaya
NIM / NIP : K3517062
×

Yoga Putra Jaya. K3517062. Pengembangan Media Pembelajaran Augmented Reality Materi Plantae pada Mata Pelajaran Biologi Kelas X dengan Menggunakan ARToolkit, Skripsi. Surakarta : Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Mei 2022.
Banyak materi yang membahas tentang plantae sehingga diperlukan pembelajaran yang menarik agar siswa mudah menerima dan memahami materi yang diberikan guru dikelas. Dengan teknologi AR yang mengimplementasikan benda maya dalam wujud nyata dapat mempermudah pembelajaran di kelas. Sehingga penelitian ini mengembangkan media Bernama Plantar berbasis AR dalam bentuk aplikasi android untuk mempermudah siswa dalam mempelajari materi plantae pada mata pelajaran biologi. Plantar dikembangkan dengan menggunakan platform ionic dan ARToolkit sebagai library pengembangan fitur AR. Untuk Plantar menggunakan jenis PWA (Progressive Web App) sehingga penggunaanya dapat dibuka melalui browser.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dengan mengujikan aplikasi Plantar melalui uji terbatas kepada 3 siswa dan uji lapangan dengan 36 siswa. Pada uji terbatas 3 responden menghasilkan grade A dan B pada aspek presence, affordance, dan usability sehingga berdasarkan uji terbatas aplikasi Plantar dapat dikatakan baik dan tidak memerlukan perbaikan. Kemudian pengujian dilanjutkan pada pengujian lapangan yang melibatkan 36 siswa. Sebanyak 36 responen telah mengisi kuesioner presence, affordance, dan usability. Berdasarkan data yang didapatkan, dominan menghasilkan grade A dan disusul dengan grade B, hanya beberapa saja yang menghasilkan grade D. Dengan meninjau per aspeknya, analisis ketiga aspek menghasilkan predikat sangat bagus dan tidak memerlukan perbaikan.
Adapun aplikasi Plantar telah berhasil diujikan kepada 36 siswa SMA Kebakkramat dengan hasil baik. Sehingga aplikasi Plantar ini dapat digunakan oleh khalayak umum terutama kepada siswa SMA untuk mempelajari materi Plantae dengan menarik menggunakan fitur AR. Kedepan diharapkan aplikasi Plantar dapat bermanfaat membantu proses pembelajaran materi Plantae.
 

×
Penulis Utama : Yoga Putra Jaya
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3517062
Tahun : 2022
Judul : Pengembangan Media Pembelajaran Augmented Reality Materi Plantae pada Mata Pelajaran Biologi Kelas X dengan Menggunakan ARToolkit
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2022
Program Studi : S-1 Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Media Pembelajaran, Augmented Reality, ARToolkit
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Link DOI : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Agus Efendi , M.Pd
2. Endar Suprih Wihidayat, S.T.,M.Eng
Penguji : 1. Nurcahya Pradana Taufik Prakisya, S.Kom, M. Cs
2. Yusfia Hafid Aristyagama, S.T., M.T
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.