Penulis Utama : Mahatmanto Nugroho
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2003
Judul : Analisis posisi pasar berdasarkan persepsi dan preferensi konsumen pada alfa retailindo cabang Solo I
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2003
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F0299076-2003
Subyek : PERILAKU KONSUMEN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Perkembangan  perusahaan-perusahaan retail di Indonesia sangat pesat, baik perusahaan retail kecil, menengah dan besar. Perusahaan tersebut dimiliki oleh  masyarakat pengusaha swasta nasional, BUMN sampai yang dimiliki oleh swasta asing yang sekarang ini telah banyak beroperasi di Indonesia. Hal ini disebabkan karena sektor ini merupakan peluang bisnis yang memiliki prospek cerah. Dengan semakin pesatnya pertumbuhan jumlah perusahaan retail, maka persaingan di bidang pemasaran eceran semakin ketat. Persaingan antara perusahaan retail juga terjadi di Kota Surakarta, dimana di Kota Surakarta terdapat tiga perusahaan retail yaitu: Alfa Retailindo, Goro Assalam, dan Matahari. Di tengah ketatnya persaingan yang terjadi, setiap perusahaan dituntut untuk dapat beradaptasi dan mengantisipasi segala perubahan yang terjadi. Perusahaan diharapkan dapat menerapkan strategi pemasaran yang tepat sehingga dapat bertahan dan lebih unggul dibandingkan dengan para pesaingnya. Oleh karena itu, untuk dapat menerapkan strategi pemasaran yang tepat setiap perusahaan harus mengetahui posisinya di pasar.   

            Berdasarkan latar belakang masalah di atas penulis tertarik untuk mengadakan penelitian tentang analisis posisi pasar berdasarkan persepsi dan preferensi konsumen pada Alfa Retailindo Cabang Solo I. Dipilihnya Alfa Retailindo Cabang Solo I sebagai obyek penelitian karena berdasarkan pengamatan, Alfa Retailindo merupakan  salah satu perusahaan retail nasional yang masih mampu bertahan ditengah ketatnya persaingan yang terjadi, terutama di Kota Surakarta. Hal ini terbukti dengan dibukanya Cabang ke dua dari Alfa Retailindo yang berlokasi di daerah Solo Baru.

            Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana posisi Alfa Retailindo Cabang Solo I dibandingkan dengan pesaingnya berdasarkan atribut yang telah ditetapkan menurut persepsi dan preferensi konsumen? (2) Bagaimana preferensi konsumen terhadap Alfa Retailindo Cabang Solo I dibandingkan dengan pesaingnya?. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mengidentifikasi posisi Alfa Retailindo Cabang Solo I dibandingkan dengan pesaingnya berdasarkan atribut tertentu menurut persepsi dan preferensi konsumen. (2) Mengidentifikasikan preferensi konsumen dalam memberikan penilaian terhadap Alfa Retailindo Cabang Solo I dibandingkan dengan pesaingnya. Hipotesis yang diuji dalam penelitian ini adalah (1) Diduga berdasarkan persepsi dan preferensi konsumen posisi pasar Alfa Retailindo Cabang Solo I adalah sebagai pimpinan pasar. (2) Diduga berdasarkan preferensi konsumen Alfa Retailindo Cabang Solo I belum berhasil dalam menerapkan posisi pasarnya terhadap pesaing ditinjau dari atribut yang ditawarkan.

            Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 90 orang. Sampel yang digunakan adalah konsumen yang pernah mengunjungi dan berbelanja di ketiga retail yang dibandingkan minimal sebanyak 2 (dua) kali. Teknik sampel yang digunakan adalah non probability sampling yang berupa convinience sampling. Data yang terkumpul kemudian diuji tingkat validitas dan reabilitasnya untuk mengetahui seberapa cermat dan konsisten alat ukur yang digunakan. Kemudian dilakukan analisis deskriptif sebagai gambaran tentang distribusi responden. Pengukuran terhadap tanggapan konsumen menggunakan skala beda semantik, sedangkan untuk menentukan dan menggambarkan peta posisi pasar dan posisi ideal retail berdasarkan pada persepsi dan preferensi konsumen digunakan Analisis Multidimensional Scalling (MDS).

            Hasil analisis deskriptif konsumen yang merupakan responden dalam penelitian menunjukkan bahwa sebagai besar konsumen ketiga retail barusia 20-25 tahun (44,44%), berprofesi sebagai pagawai atau karyawan swasta (30%), memiliki jenis kelamin perempuan (63,33%), dan memiliki pendapatan Rp.500.000-Rp.1.500.000 (52,22%). Hasil analisis beda semantik menunjukkan bahwa Alfa Retailindo Cabang Solo I memiliki keunggulan dalam hal kelengkapan produk, harga, dan customer service. Goro Assalam memiliki keunggulan dalam hal suasana berbelanja, sedangkan Matahari Singosaren memiliki keunggulan dalam hal lokasi, fasilitas toko, kualitas produk, dan advertising dan sales promotion. Berdasarkan analisis persepsi dan preferensi dengan menggunakan analisis Multidimensional Scalling tampak bahwa Alfa Retailindo Cabang Solo I dan Goro Assalam memiliki kemiripan (similaritas) yang tinggi, sedangkan Matahari Singosaren sangat berbeda dengan kedua retail lainnya. Dari hasil tersebut diketahui bahwa Alfa Retailindo Cabang Solo I diposisikan sebagai pimpinan pasar. Hasil analisis posisi ideal dengan menggunakan preferensi konsumen menunjukkan bahwa Alfa Retailindo Cabang Solo I belum berhasil dalam menerapkan posisi pasarnya. Hal ini terlihat dari jarak koordinat Alfa Retailindo Cabang Solo I yang merupakan jarak terjauh terhadap titik ideal (ideal point). 

            Dalam penelitian ini ditemukan beberapa kelemahan yaitu (1) Tidak diketahui atribut dominan yang mempengaruhi persepsi dan preferensi konsumen dalam menentukan posisi pasar. (2) Setiap retail memiliki keunggulannya masing-masing sehingga jawaban responden bersifat relatif.

            Berdasarkan hasil penelitian tersebut peneliti dapat memberikan beberapa saran khusus (1) Bagi penelitian selanjutnya diharapkan dilakukan penelitian terhadap atribut dominan yang membentuk persepsi dan preferensi konsumen, Memasukkan atribut Retail lainnya seperti keamanan dan lay out toko, serta faktor lainnya, misalnya faktor demografi. (2)  Bagi Manajemen Alfa Retailindo Cabang Solo I, karena diposisikan sebagai pimpinan pasar maka Alfa Retailindo Cabang Solo I hendaknya selalu mempertahankan posisinya dengan melakukan perbaikan dalam beberapa hal yang dinilai masih kurang seperti dari segi kualitas produk, fasilitas toko, suasana berbelanja, dan advertising & sales promotion yang lebih menarik. Manajemen Alfa Retailindo Cabang Solo I juga dinilai masih perlu untuk meningkatkan dimensi pelayanan, dengan lebih memperhatikan saran atau masukan dari konsumen. Perubahan dalam hal image dan lay out serta peningkatan dalam hal trading area perlu dilakukan, dimana dapat diterapkan konsep mikro marketing terhadap segmen pasar.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Drs. Djoko Purwanto, MBA.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis