Penulis Utama : Indarsari Dyah Arimaya
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2003
Judul : Analisa efisiensi ekonomi pada tanaman melon di Kabupaten Sukoharjo
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2003
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. EKonomi NIM.F1100027-2003
Subyek : EKONOMI-ASPEK PERTANIAN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Pembangunan pertanian holtikultura yang meliputi tanaman sayur-sayuran, buah-buahan, tanaman hias dan tanaman obat-obatan ditumbuh-kembangkan menjadi agribisnis dalam rangka memanfaatkan peluang dan keunggulan komparatif berupa iklim yang bervariasi, tanah yang subur, tenaga kerja yang banyak, serta lahan yang tersedia. Sehingga Pemerintah telah menetapkan kebijakan dalam rangka mengembangkan tanaman holtikultura yaitu mengutamakan tanaman yang mempunyai nilai ekonomi tinggi, memberi peluang kesempatan kerja, mempunyai prospek pasar yang cerah.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan luas lahan, bibit, pupuk, pestisida, tenaga kerja, modal terhadap tingkat produksi buah melon di Kabupaten Sukoharjo dan untuk mengetahui apakah dalam melaksanakan usahanya para petani telah bertindak efisien secara ekonomis dalam mengalokasikan faktor-faktor produksi yang digunakan.

Penelitian menggunakan metode survai, yaitu menganalisis efisiensi ekonomi pada tanaman melon di Kabupaten Sukoharjo. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui wawancara dengan cara Tanya jawab secara langsung kepada responden disertai pengisian daftar kuesioner. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara systematic area random sampling karena dalam penelitian ini populasinya tersebar secara geografis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh petani melon di Kabupaten Sukoharjo yaitu sebanyak 394 orang, yang menjadi sampel yaitu sebanyak 60 petani. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan fungsi Cobb-Douglas.

Untuk menganalisis pada hipotesis pertama yaitu, faktor-faktor produksi yang mempengaruhi jumlah produksi melon di Kabupaten Sukoharjo, maka digunakan model analisis regresi linear berganda dengan dasar fungsi Cobb-Douglas, yaitu menggunakan persamaan natural logaritma (bentuk Ln). kemudian dilakukan uji statistik (uji t, uji F, dan uji koefisien determinasi R2). Pada hipotesis kedua menggunakan perhitungan perbandingan antara MPP xi dengan harga input xi dibagi harga output. Berdasarkan analisis yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa faktor jumlah tenaga kerja, bibit, pupuk, dan modal berpengaruh positif terhadap jumlah produksi melon. Sedangkan faktor luas lahan dan jumlah pestisida tidak berpengaruh secara nyata terhadap jumlah produksi melon. Uji F signifikan pada taraf signifikansi 5%, yaitu keenam variabel independen secara serempak berpengaruh terhadap jumlah produksi melon. Variabel perubahan jumlah produksi melon dipengaruhi oleh faktor–faktor produksi sebasar 79,3 %, sedangkan 30,7% dipengaruhi diluar model.

Berdasarkan dari perhitungan perbandingan antara MPP xi dengan harga input xi dibagi harga output didapat bahwa faktor produksi luas lahan, jumlah pupuk, pestisida, tenaga kerja, dan bibit sudah mencapai efisiensi ekonomis, tidak untuk faktor produksi modal petani di Kabupaten Sukoharjo.

Berdasarkan hasil estimasi dan pengujian statistik maka luas lahan, bibit, pupuk, pestisida, tenaga kerja, modal berpengaruh positif dan signifikan terhadap jumlah produksi melon di Kabupaten Sukoharjo. Faktor produksi yang digunakan petani mengalami skala menaik (Increasing Return to Scale). Luas lahan, bibit, pupuk, pestisida, tenaga kerja sudah mencapai efisiensi secara ekonomis. Dan dari hasil perhitungan MPP input faktor produksi modal belum mencapai efisiensi produksi karena elastisitas variabel <1.

Dari penelitian ini disarankan kepada petani untuk mengoptimalkan penggunaan faktor produksi sehingga tercapai efisiensi ekonomis. Untuk Pemda disarankan melakukan bimbingan dan penyuluhan kepada petani melon di Kabupaten Sukoharjo.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis