Penulis Utama : Fransiska Marsaulina Angelia Veronica Purba
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R0218049
Tahun : 2022
Judul : Pengaruh Video Edukasi terhadap Tingkat Pengetahuan tentang APAR pada Pekerja Stationery di PT X Tangerang
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2022
Kolasi :
Sumber :
Subyek : -
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D IV)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Fransiska Marsaulina Angelia Veronica Purba, R0218049, 2022. Pengaruh Video Edukasi terhadap Tingkat Pengetahuan tentang APAR pada Pekerja Stationery di PT X Tangerang, Diploma 4 Keselamatan dan Kesehatan Kerja Sekolah Vokasi, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Latar Belakang: Kegiatan produksi yang dijalankan PT X Tangerang berpotensi tinggi menimbulkan bahaya kebakaran. Sarana proteksi kebakaran yang diutamakan adalah APAR, penggunaan APAR harus didukung dengan adanya pengetahuan tentang APAR. Area stationery memiliki jumlah APAR paling banyak karena termasuk dalam kategori high risk kebakaran, namun 90% pekerja stationery memiliki tingkat pengetahuan tentang APAR yang kurang baik. Pengetahuan dapat ditingkatkan melalui pembelajaran dengan video edukasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh video edukasi terhadap tingkat pengetahuan tentang APAR pada pekerja stationery di PT X Tangerang.

Metode: Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan metode quasi experiment dengan rancangan nonequivalent control group design. Responden diambil dari pekerja stationery shift 1 di PT X Tangerang dengan populasi 84 orang, dan sampel sejumlah 21 orang pada setiap kelompok kontrol dan eksperimen. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, dan simple random sampling. Penelitian ini menggunakan kuesioner untuk mengukur tingkat pengetahuan tentang APAR responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji Marginal Homogeneity dan uji Chi Square 3 x 3.

Hasil: Hasil uji Marginal Homogeneity tingkat pengetahuan tentang APAR kelompok eksperimen menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan (p = 0.000) antara tingkat pengetahuan tentang APAR sebelum dan setelah diberikan perlakuan dengan video edukasi, sedangkan pada kelompok kontrol tidak terdapat pengaruh yang signifikan (p = 0.157) terhadap tingkat pengetahuan tentang APAR berdasarkan nilai pre-test, dan post-test. Hasil uji Chi Square didapatkan p value sebesar 0.008 yang berarti terdapat pengaruh video edukasi terhadap tingkat pengetahuan tentang APAR yang signifikan antara kelompok eksperimen yang diberikan perlakuan, dan kelompok kontrol yang tidak diberikan perlakuan.

Simpulan: Video edukasi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap tingkat pengetahuan tentang APAR pada pekerja stationery di PT X Tangerang.

File Dokumen Tugas Akhir : Tidak ada file dalam dokumen ini.
File Dokumen Karya Dosen : -
Link DOI : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Maria Paskanita W., SKM., M.Sc.
2. Dra. Sri Haryati, M.Kes.
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi