Penulis Utama : Nina Indiarmeta
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S411908030
Tahun : 2022
Judul : PENGARUH PENGGUNAAN ENTERPRISE SOCIAL MEDIA PADA KETANGKASAN KARYAWAN: PERAN META-KNOWLEDGE, DIGITAL FLUENCY, KEAHLIAN KERJA, DAN KEMAHIRAN TEKNOLOGI INFORMASI (Studi pada Aparatur Sipil Negara Kabupaten Ngawi)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2022
Kolasi :
Sumber :
Subyek : -
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan tentang pengaruh penggunaan Enterprise Social Media (ESM) terhadap ketangkasan karyawan pada sebuah organisasi dengan memasukan peran meta-knowledge, digital fluency, keahlian kerja, dan kemahiran IT. Dilakukan di Kabupaten Ngawi, penelitian ini melibatkan 532 responden. Jenis penelitian ini bersifat kuantitatif dengan strategi dan pengambilan data menggunakan metode penelitian survei. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan proportionate stratified random sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif dengan menggunakan teknik analisis Structural Equation Modelling-Partial Least Square (SEM-PLS) versi 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan ESM mempengaruhi ketangkasan karyawan, penggunaan ESM mempengaruhi Meta-Knowledge, Meta-Knowledge mempengaruhi ketangkasan karyawan, Digital Fluency memoderasi pengaruh penggunaan ESM pada Meta-Knowledge, keahlian kerja memoderasi pengaruh penggunaan ESM pada ketangkasan karyawan, kemahiran IT memoderasi pengaruh penggunaan ESM pada ketangkasan karyawan, dan Meta-Knowledge yang memediasi pengaruh penggunaan ESM pada ketangkasan karyawan.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka diajukan saran akademis sebagai berikut: (1) Penelitian selanjutnya diharapkan agar melakukan penelitian pada semua ASN di wilayah lain, (2) Pada penelitian selanjutnya diharapkan tidak hanya menggunakan metode penilaian diri sendiri (self-report instrument), tetapi dengan menggunakan metode penilaian dari sumber lainnya. Dengan demikian diharapkan hal ini dapat memberikan gambaran komprehensif tentang pengaruh penggunaan ESM dan Meta-Knowledge pada ketangkasan karyawan, dan peran Digital Fluency pada Meta-Knowledge, serta peran keahlian kerja dan kemahiran IT sebagai variabel moderasi pada pengaruh ketangkasan karyawan.

 

 

File Dokumen Tugas Akhir : Tidak ada file dalam dokumen ini.
File Dokumen Karya Dosen : -
Link DOI : http://dx.doi.org/10.51505/ijebmr.2022.6801
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Joko Suyono, S.E., M.Si
Catatan Umum :
Fakultas : Pascasarjana