Penulis Utama : Windarto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2003
Judul : Persepsi mahasiswa akuntansi terhadap profesi akuntan pendidik akuntansi Fakultas Ekonomi Univesitas Sebelas Maret 2002-2003
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2003
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F1300101-2003
Subyek : AKUNTANSI
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara jelas bagaimana persepsi mahasiswa akuntansi terhadap profesi akuntan pendidik, dan memberikan gambaran deskriptif tentang profesi akuntan pendidik dalam lingkungan perguruan tinggi. Lokasi penelitian ini dilakukan di lingkungan FE UNS. Selain karena pertimbangan praktis, juga agar dapat kontekstual dengan lingkungan sosial dalam penelitian. Dengan kata lain, hasil penelitian ini nanti dapat digunakan untuk kepentingan pihak-pihak terkait dan terbuka pula bagi pihak-pihak lain guna ditindaklanjuti.

Subyek penelitian adalah para mahasiswa FE UNS jurusan akuntansi pada jenjang studi S1-Reguler dan S1-Ekstensi. Jenjang studi di atas diambil dengan pertimbangan bahwa lulusan dari jenjang studi tersebut adalah representasi dari tenaga akuntan dalam pendidikan tinggi akuntansi. Jumlah mahasiswa pada masing-masing jenjang studi termaksud adalah S1-Reguler (semester III – V) 156 orang dan S1-Ekstensi (semester III – V) 182 orang. Total mahasiswa adalah 338 orang.

Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif, yaitu penelitian terhadap masalah-masalah yang berupa fakta-fakta saat ini dari suatu populasi. Sedangkan metode pengumpulan dilakukan dengan survey, yaitu suatu penelitian yang mengambil sejumlah sampel tertentu dari suatu populasi dengan menggunakan kuisioner (daftar pertanyaan) sebagai alat pengumpulan data. Pada dasarnya, penelitian ini termasuk explanatory research yang bertujuan untuk menggambarkan suatu keadaan atau fenomena tertentu, yang selanjutnya dapat menghasilkan informasi pendukung bagi penelitian lebih lanjut.

Hasil dari penelitian ini adalah (1) di antara 183 responden, 127 orang (69.4%) memiliki persepsi yang positif, dan yang sangat positif sejumlah 14 orang (7.7%), sementara 42 orang (23%) menunjukkan persepsi yang ragu-ragu terhadap profesi akuntan pendidik dan tidak ada seorang pun yang memiliki persepsi yang negatif, serta (2) tidak ada perbedaan persepsi terhadap profesi akuntan pendidik antara responden dengan jenjang studi S1-Reguler dan S1-Ekstensi.

 

 

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis