Penulis Utama : Esti Apri Larasati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2003
Judul : Persepsi dosen akuntansi FE Universitas Swasta Se-Surakarta terhadap faktor-faktor untuk menilai kualitas akuntan pendidik
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2003
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F0399004-2003
Subyek : AKUNTANSI
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Pesatnya perubahan serta kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi telah mempengaruhi segala bidang dan aspek kehidupan manusia, termasuk diantaranya bidang pekerjaan akuntan. Perubahan-perubahan ini harus terus direspon oleh sistem pendidikan akuntansi agar dapat menghasilkan lulusan yang siap pakai di dunia kerja. Untuk mencapai tujuan tersebut sistem pendidikan akuntansi harus peka terhadap kebutuhan pasar pengguna tenaga akuntan dan memiliki sumber daya manusia yang dalam hal ini adalah akuntan pendidik yang berkualitas. Untuk dapat disebut sebagai akuntan pendidik yang berkualitas tentu ada persyaratan yang harus dipenuhi oleh seorang akuntan pendidik. Penelitian ini mencoba untuk mengetahui faktor-faktor untuk menilai kualitas akuntan pendidik.

Penelitian ini dilakukan dengan melakukan survey kepada responden yang dalam hal ini adalah akuntan pendidik pada Universitas Swasta se-Surakarta untuk diminta memberikan persepsinya terhadap faktor-faktor untuk menilai kualitas akuntan pendidik. Alasan dipilihnya dosen akuntansi sebagai responden adalah karena dosenlah yang terlibat secara langsung dalam proses belajar mengajar sehingga mempunyai pengalaman sebagai akuntan pendidik sehingga diharapkan memiliki persepsi yang memadai dan dapat memberikan gambaran yang sesungguhnya mengenai kualitas akuntan pendidik.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor untuk menilai kualitas akuntan pendidik adalah: (1). Penelitian, (2). Pengabdian pada masyarakat, (3). Publikasi Tulisan Ilmiah, (4). Pengalaman dan Kemampuan Mengajar, (5). Kemampuan bahasa Inggris, (6). Pengetahuan serta Kemampuan Komputer, (7). Pengetahuan Tentang Dunia Bisnis, dan (8). Pengetahuan tentang Pasar Modal. Hasil penelitian tersebut tidak otomatis menyatakan bahwa dosen akuntansi FE Universitas Swasta se-Surakarta sudah memenuhi seluruh faktor-faktor tersebut, namun hal itu menunjukkan adanya kesadaran bahwa faktor-faktor tersebut memang harus dikuasai dan dicapai dalam kapasitas seorang dosen sebagai ilmuwan dan akademisi di bidang akuntansi.

Penelitian ini memberikan hasil bahwa antara penelitian terdahulu yang memiliki responden dosen akuntansi FE UNS ternyata memiliki kecenderungan persepsi yang sama dengan responden pada Universitas Swasta se-Surakarta. Hal ini memberikan pandangan baru bagi peneliti selanjutnya untuk mengembangkan penelitian ini ke dalam ruang lingkup penelitian yang lebih luas sehingga persepsi yang terjadi dapat diungkapkan lebih ilmiah pada responden yang diteliti di seluruh Indonesia.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis