Penulis Utama : Rahutomo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2003
Judul : Analisis perubahan struktur ekonomi dan faktor-faktor yang mempengaruhi PDRB di Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2003
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F0197080-2003
Subyek : EKONOMI, KEADAAN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Untuk melengkapi tugas-tugas dan memenuhi syarat-syarat guna mencapai gelar sarjana ekonomi, penulis melakukan penelitian dengan judul Analisis Perubahan Struktur Ekonomi dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi PDRB Popinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perubahan struktur ekonomi dan faktor-faktor yang mempengaruhi PDRB Propinsi Daista Yogyakarta. Faktor-faktor tersebut adalah Pengeluaran Pembangunan, Tenaga Kerja, PMA dan PMDN.

Sejalan dengan tujuan tersebut, untuk mengetahui perubahan struktur ekonomi digunakan Shift Share Analysist (SSA) dengan kriteria pertumbuhan dan alat analisis Loqation Quotient (LQ) dengan kriteria kontribusi. Sedangkan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi PDRB digunakan alat analisis Partial Adjusment Model (PAM). Karena terdapat variabel yang saling mempengaruhi atau simultan antara variabel PDRB dan PMDN, maka digunakan metode persamaan simultan 2 SLS (Two Step Least Squares).

Dari hasil penelitian diketahui dari kriteria pertumbuhan, struktur ekonomi berubah dari sektor pertanian ke sektor industri dan jasa. Kedua sektor ini tumbuh lebih cepat dan memiliki daya saing yang lebih besar daripada sektor pertanian. Sedangkan dari kriteria kontribusi, sektor pertanian dan sektor jasa memiliki kontribusi yang semakin besar dari tahun 1993-2000. Hal ini dikarenakan ditingkatkannya upaya pemerintah daerah untuk mengembangkan sektor ini, setelah terbukti sektor ini mampu bertahan dari krisis ekonomi yang melanda Indonesia tahun 1997.

Sedangkan hasil penelitian untuk faktor-faktor yang mempengaruhi PDRB, diketahui variabel pengeluaran pembangunan secara signifikan mempengaruhi PDRB dengan koefisien jangka pendek 20,54104 dan koefisien jangka panjang 257,64543. Untuk variabel tenaga kerja, berpengaruh secara signifikan terhadap PDRB dengan koefisien jangka pendek 1,238815 dan koefisien jangka panjang 15,53841. Untuk variabel PMA secara siginifikan mempengaruhi PDRB dengan koefisien jangka pendek 1,656848 dan koefisien jangka panjang 20,78177. Sedangkan variabel PMDN secara signifikan mempengaruhi PDRB dengan koefisien jangka pendek 1,331151 dan koefisien jangka panjang 16,69657.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis