Penulis Utama : Maryono
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2005
Judul : Eksperimentasi pengajaran fisika dengan metode problem solving (pemecahan masalah) dilengkapi demonstrasi pada pokok bahasan bunyi ditinjau dari kemampuan awal siswa kelas II semester I SMP Negeri 10 Surakarta tahun ajaran 2004/2005
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP UNS - 2005
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP NIM.K2300030-2005
Subyek : PENDIDIKAN-METODOLOGI
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Ada atau tidak adanya perbedaan pengaruh antara kemampuan awal kategori tinggi dan rendah terhadap prestasi belajar Fisika siswa pada pokok bahasan Bunyi, (2) Ada atau tidak adanya perbedaan pengaruh antara penggunaan metode problem solving disertai Demonstrasi di awal dan akhir pelajaran terhadap prestasi belajar Fisika siswa pada pokok bahasan Bunyi, (3) Ada atau tidak adanya interaksi pengaruh antara penggunaan metode problem solving dilengkapi demonstrasi dan kemampuan awal terhadap prestasi belajar Fisika siswa pada pokok bahasan Bunyi.

            Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan desain faktorial 2 x 2 atau model ( A x B ). Populasi adalah seluruh siswa kelas 2 SMP Negeri 10 Surakarta Tahun Pelajaran 2004/2005 yang terdiri dari 6 kelas. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas yaitu kelas II.A dan kelas II.C, yang diambil secara acak . Kelas II.C berjumlah 36 siswa dan kelas II.A berjumlah 41 siswa . Kelas II.C sebagai kelas eksperimen dan kelas II.A sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data untuk variabel prestasi belajar Fisika pada pokok bahasan Bunyi digunakan teknik tes sedangkan teknik dokumentasi untuk mengetahui kemampuan awal siswa. Teknik analisis data yang digunakan analisis variansi dua jalan isi sel tak sama, dilanjutkan dengan uji Scheffe.

v

Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa : (1) Ada perbedaan pengaruh antara kemampuan awal kategori tinggi dan kemampuan awal kategori rendah terhadap prestasi belajar Fisika pada pokok bahasan Bunyi siswa kelas 2 SMP Negeri 10 Surakarta, karena Fhitung (11,9460) > Ftabel (3,97) pada taraf signifikansi 0,05, yang berarti prestasi belajar Fisika siswa yang mempunyai kemampuan awal tinggi lebih baik daripada siswa yang mempunyai kemampuan awal rendah, (2) Ada perbedaan pengaruh antara penggunaan metode problem solving dilengkapi demonstrasi  di awal pelajaran dan di akhir pelajaran terhadap prestasi belajar Fisika pada pokok bahasan Bunyi siswa kelas 2 SMP Negeri 10 Surakarta, karena Fhitung (4,5926) > Ftabel (3,97) pada taraf signifikansi 0,05, yang berarti prestasi belajar Fisika siswa yang diberi pengajaran menggunakan metode problem solving dilengkapi demonstrasi  di awal pelajaran lebih baik daripada prestasi belajar Fisika siswa yang diberi pengajaran menggunakan metode problem solving dilengkapi demonstrasi  di akhir pelajaran,

(3) Tidak ada interaksi pengaruh antara tingkat kemampuan awal siswa dan metode problem solving dilengkapi demonstrasi terhadap prestasi belajar Fisika pada pokok bahasan Bunyi siswa kelas 2 SMP Negeri 10 Surakarta, karena Fhitung (0,8747) < Ftabel (3,97) pada taraf signifikansi 0,05, yang berarti mempunyai pengaruh sendiri – sendiri.

Dari kesimpulan di atas dapat dikemukakan implikasi: (1) Ternyata prestasi belajar Fisika siswa yang mempunyai kemampuan awal kategori tinggi lebih baik daripada prestasi belajar Fisika siswa yang mempunyai kemampuan awal kategori rendah, (2) Pengajaran Fisika menggunakan metode problem solving dilengkapi demonstrasi  di awal pelajaran lebih baik daripada prestasi belajar Fisika siswa yang diberi pengajaran menggunakan metode problem solving dilengkapi demonstrasi  di akhir pelajaran.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Drs. Surantoro, M.Si
2. Dra. Nonoh Siti Aminah, M.Pd
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP