Penulis Utama : Wiyat Suprapti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2005
Judul : Aspek sosio-historis dan politis dalam skenario November 1828 karya Teguh (sebuah pendekatan struktural genetik)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Sastra UNS - 2005
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Sastra NIM.C0200064-2005
Subyek : FILM-PENELITIAN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Judul penelitian ini adalah “Aspek Sosio-historis dan Politik dalam Skenario November 1828 karya Teguh Karya (Sebuah Pendekatan Struktural Genetik)”. Skenario film di sini, merupakan salah satu komponen sinematografi yang memiliki unsur sastra (teks dramatik) karena memuat cerita yang akan dipertunjukkan kepada penonton. Di samping sebagai teks dramatik yang menjadi dasar teks pertunjukan, skenario tersebut juga bisa digunakan sebagai bahan bacaan/naskah lakon seperti genre sastra yang lain (drama) sehingga dalam analisisnya dapat digunakan pendekatan ilmu sastra. Adapun tujuan dalam penelitian ini berdasarkan pada permasalahan yang akan dikaji sebagai berikut.

  1. Mendeskripsikan aspek-aspek sosiologis yang terdapat dalam struktur teks.
  2. Mendeskripssikan aspek-aspek sosiologis melalui diaalektika struktur teks dengan konteks sosiohistoris dan politik yang melatarbelakangi penciptaan karya tersebut serta resepsi penonton pada zamannya.
  3. Mendeskripsikan pandangan dunia pengarang (vision du monde).
  4. Mendeskripsikan visi dari N’28.

 Skenario film tersebut secara umum diteliti menggunakan teori struktural genetik dengan analisis secara dialektika antara sosio teks dan konteks sosiohistoris. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif.  Analisis data dimulai dengan menelusuri latar belakang kehidupan pengarang melaaalui penelusuran biografinya. Berdasarkan dialektika struktur teks dan konteks sosiohistoris dapat diketahui bahwa Teguh Karya sangat kuat dalam merespon peristiwa sejarah Perang Diponegoro. Di samping itu ia juga merespon peristiwa-peristiwa sejarah dan politik yang dialami sebelum penulisan karya tersebut, di samping kompleksitas kebudayaan Jawa yang sampai sekarang  masih dapat dirasakan kehadirannya di tengah-tengah masyarakat. Selanjutnya, dapat diungkap visi yang didasarkan pada pandangan dunia pengarang yaitu: cinta tanah air, perlunya pembenahan terhadap moral masyarakat dan kewaspadaan terhadap semua bentuk penjajahan.  Kesimpulan penelitian tersebut berisi rangkuman jawaban permasalahan dalam penelitian dan saran-saran yang berhubungan dengan penelitian. Demikian abstraksi ini, semoga bermanfaat memberikan petunjuk bagi pembaca yang berkenan

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Soediro Satoto
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Sastra dan Seni Rupa