JURNAL PENELITIAN ANALISIS PEMAKAIAN GAYA BAHASA PADA IKLAN PRODUK KECANTIKAN PERAWATAN KULIT WAJAH DI TELEVISI
Oleh :
Kusumawati
Kusumawati. K1202523. Analisis Pemakaian Gaya Bahasa pada Iklan Produk Kecantikan Perawatan Kulit Wajah di Televisi. Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta, April 2010 Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) pemakaian gaya bahasa dalam iklan produk kecantikan perawatan kulit wajah di televisi; (2) tanggapan masyarakat terhadap bahasa yang digunakan pada tayangan iklan produk kecantikan perawatan kulit wajah di televisi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah iklan produk kecantikan perawatan kulit wajah di televisi pada bulan Januari-April 2009 serta informan yaitu masyarakat selaku pemirsa televisi. Penentuan sampling yang dilakukan dengan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik rekam, simak, catat dan wawancara mendalam. Validitas data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi teori dan triangulasi data. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: 1) pemakaian gaya bahasa yang digunakan dalam iklan produk kecantikan perawatan kulit wajah di televisi meliputi gaya bahasa: a) personifikasi; b) pertanyaan retoris; c) mesodiplosis; d) anafora; e) klimaks; f) koreksio; g) aliterasi; h) asindenton; i) epistrofa; j) antiklimaks; k) repetisi; l) asonansi; m) anadiplosis; dan n) erotesis. Gaya bahasa yang paling banyak digunakan dalam penayangan iklan tersebut adalah gaya bahasa anafora. Anafora adalah repetisi yang berwujud perulangan kata pertama pada tiap baris atau kalimat berikutnya. Penggunaan gaya bahasa anafora bermaksud menekankan atas produk yang ditawarkan sehingga dapat memudahkan masyarakat untuk mengingatnya, hingga akhirnya membeli produk tersebut; 2) tanggapan masyarakat terhadap pemakaian bahasa pada iklan produk kecantikan perawatan kulit wajah di televisi: a) masyarakat berpendapat bahwa bahasanya menjanjikan dan membujuk, seolah-olah kecantikan yang dimiliki model adalah berkat pemakaian produk iklan kecantikan yang dibintanginya. Hal tersebut sangat mempengaruhi masyarakat untuk membeli produk yang diiklankan agar memiliki kulit wajah seperti model di iklan tersebut; b) masukan yang dapat diberikan kepada pembuat iklan adalah memperhitungkan segi positif dan negatif atas tayangan iklan yang dihasilkan. Dengan demikian tujuan utama dari sebuah periklanan tidak hanya mengedepankan produknya bisa laku laris di pasaran namun juga mampu memberikan informasi yang berguna bagi masyarakat; c) masukan bagi masyarakat sendiri, adalah tindakan yang paling utama ketika ada iklan produk kecantikan perawatan kulit wajah di televisi agar tidak mudah termakan oleh pemakaian bahasanya yang membujuk. Alangkah baiknya masing-masing pribadi mengetahui kondisi akan kebutuhan perawatan untuk kecantikan kulit wajahnya, dengan demikian keberadaan iklan produk kecantikan perawatan kulit wajah yang tayang di televisi bisa dijadikan pertimbangan.
[ pdf ]

Links

News

About

Perpustakaan Digital adalah sebuah sistem yang memiliki berbagai layanan dan obyek informasi yang mendukung akses obyek informasi melalui perangkat digital.