PENGARUH STRATEGI MENGAJAR GURU DAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MATA DIKLAT KETERAMPILAN KOMPUTER DAN PENGELOLAAN INFORMASI (KKPI) SISWA KELAS XI ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK MURNI 2 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2009/2010
Oleh :
Ratna Sartika
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan strategi mengajar guru terhadap prestasi belajar KKPI siswa kelas XI jurusan Administrasi Perkantoran SMK Murni 2 Surakarta tahun pelajaran 2009/2010. (2) mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan media pembelajaran terhadap prestasi belajar KKPI siswa kelas XI jurusan Administrasi Perkantoran SMK Murni 2 Surakarta tahun pelajaran 2009/2010. (3) mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan antara strategi mengajar guru dan medi a pembelajaran secara bersama-sama terhadap prestasi belajar KKPI siswa kelas XI jurusan Administrsi Perkantoran SMK Murni 2 Surakarta tahun pelajaran 2009/2010. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif asosiatif (korelasional). Populasi penelitian adalah siswa kelas XI jurusan Administrasi Perkantoran SMK Murni 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2009/2010 sebanyak 49 siswa dari dua kelas. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode sensus, yaitu semua populasi dijadikan sampel karena jumlahnya kurang dari 100. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode angket untuk memperoleh data variabel strategi mengajar guru dan media pembelajaran, sedangkan metode dokumentasi untuk memperoleh data variabel prestasi belajar KKPI. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis regresi linear ganda. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Ada pengaruh yang signifikan strategi mengajar guru terhadap prestasi belajar pada mata diklat KKPI siswa kelas XI jurusan Administrasi Perkantoran SMK Murni 2 Surkarta tahun pelajaran 2009/2010. Hal ini ditunjukkan dengan harga rhitung > rtabel atau 0,517 > 0,281 dengan taraf signifikansi 5%. (2) Ada pengaruh yang signifikan media pembelajaran terhadap prestasi belajar pada mata diklat KKPI siswa kelas XI jurusan Administrasi Perkantoran SMK Murni 2 Surakarta tahun pelajaran 2009/2010. Hal ini dapat ditunjukkan dengan harga rhitung > rtabel atau 0,481 > 0,281 pada taraf signifikansi 5%. (3) Ada pengaruh yang signifikan strategi mengajar guru dan media pembelajaran secara bersama-sama terhadap prestasi belajar pada mata diklat KKPI siswa kelas XI jurusan Administrasi Perkantoran SMK Murni 2 Surakarta tahun pelajaran 2009/2010. Hal ini ditunjukkan dengan Fhitung > Ftabel atau 15,19 > 3,25 pada taraf signifikansi 5%. Temuan lain yang dapat dilaporkan dalam penelitian ini adalah: persamaan garis regresi linier ganda Ŷ =4,306 + 0,027 X1 + 0,021 X2 dapat dijelaskan bahwa setiap peningkatan atau penurunan strategi menjagar guru (X1) sebesar satu unit akan diikuti dengan peningkatan atau penurunan prestasi belajar KKPI (Y) sebesar 0,027. Demikian halnya dengan setiap peningkatan atau penurunan media pembelajaran (X2) sebesar satu unit, maka akan diikuti dengan peningkatan atau penurunan prestasi belajar KKPI sebesar 0,021. Masing-masing variabel bebas memiliki sumbangan terhadap variabel terikat. Sumbangan relatif strategi mengajar guru (X1) terhadap prestasi belajar KKPI (Y) sebesar 54,82% dan sumbangan relatif media pembelajaran (X2) terhadap prestasi belajar KKPI (Y) sebesar 41,18%. Untuk sumbangan efektif strategi mengajar guru (X1) terhadap prestasi belajar KKPI (Y) sebesar 21,80% dan sumbangan efektif fasilitas belajar di sekolah (X2) terhadap prestasi belajar KKPI (Y) sebesar 17,97%.
[ pdf ]

Links

News

About

Perpustakaan Digital adalah sebuah sistem yang memiliki berbagai layanan dan obyek informasi yang mendukung akses obyek informasi melalui perangkat digital.