PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA LINGKUNGAN DAN MEDIA GAMBAR TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI KREATIVITAS SISWA (PENELITIAN EKSPERIMEN DI SMP NEGERI WILAYAH NGAWI BARAT)
Oleh :
Sri Widiarti
ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Perbedaan pengaruh pemanfaatan media lingkungan dan media gambar terhadap prestasi belajar matematika, (2) Perbedaan prestasi belajar matematika antara siswa yang memiliki kreativitas tinggi dan kreativitas rendah, (3) Interaksi pengaruh pemanfaatan media (lingkungan dan media gambar) dan kreativitas siswa terhadap prestasi belajar matematika. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa SMP Negeri di wilayah Ngawi Barat. Teknik penarikan sampel dilakukan dengan multi-stage random sampling. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 160 siswa yang mewakili populasi sejumlah 1040 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes prestasi belajar matematika dalam pilihan ganda, dan angket kreativitas siswa. Untuk ketepatan dan kesahihan tes prestasi belajar dan angket kreativitas digunakan uji validitas dan reliabilitas. Validitas yang digunakan adalah validitas isi dan validitas butir. Untuk menguji validitas butir soal tes yang berbentuk obyektif digunakan rumus korelasi product moment dari Pearson dan reliabilitasnya digunakan rumus belah dua dari Spearman Brown (r 11: 0, 971). Adapun untuk menguji validitas angket kreativitas digunakan rumus korelasi Product moment dari Pearson dan reliabilitasnya digunakan rumus Alpha Cronbach (reliabilitas angket = 0,963). Teknik analisis yang digunakan adalah Analisis Varians (ANAVA) dilanjutkan dengan uji Scheffe pada taraf signifikansi 0,05. Analisis data tes prestasi belajar menunjukkan bahwa: (1) Perbedaan pengaruh antara Pemanfaatan media lingkungan dan media Gambar terhadap prestasi belajar matematika (F hitung: 228,35 > F table: 3,908 pada taraf signifikan 0,05); (2) Perbedaan prestasi belajar matematika antara siswa yang memiliki kreativitas tinggi dengan siswa yang memiliki kreativitas rendah (Fhitung: 70,58 > F table; 3,908 pada taraf signifikansi 0,05) ; (3) Interaksi pengaruh pemanfaatan media (lingkungan dan gambar) dan kreativitas terhadap prestasi belajar matematika (Fhitung : 59,31 > Ftabel; 3,908 pada taraf signifikan 0,05). Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti mengajukan saran sebagai berikut: pertama untuk meningkatkan prestasi belajar matematika SMP, guru disarankan menggunakan media lingkungan; kedua dalam memilih dan menggunakan media pembelajaran guru disarankan mempertimbangkan kreativitas yang dimiliki oleh siswa.
[ pdf ]

Links

News

About

Perpustakaan Digital adalah sebuah sistem yang memiliki berbagai layanan dan obyek informasi yang mendukung akses obyek informasi melalui perangkat digital.