IMAGE BUILDING UNS-SOLO (STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF TENTANG PERANAN HUMAS UNIVERSITAS SEBELAS MARET DALAM MEMBANGUN CITRA POSITIF UNIVERSITAS)
Oleh :
Ratri Indra Cahyani
ABSTRAK Sebuah lembaga ataupun perusahaan walaupun telah memiliki citra yang baik harus tetap terus membangun citra positif agar lembaga/perusahaan tersebut tetap bertahan dalam menghadapi persaingan yang semakin tinggi. Begitu pula Universitas Sebelas Maret tetap perlu membangun ke masyarakat Indonesia bahkan di dunia internasional agar UNS semakin di kenal sebagai perguruan tinggi negeri yang berkualitas tinggi. Untuk itu image building dilakukan oleh Universitas Sebelas Maret dengan humas sebagai ujung tombaknya. Walaupun sebagai ujung tombak, tetapi kerjasama dari civitas akademika juga diperlukan dalam image building. Dalam melaksanakan image building, Humas Universitas menggunakan proses komunikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendapatkan gambaran yang jelas mengenai bagaimana peranan Humas Universitas Sebelas Maret dalam membangun citra positif universitas. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif-kualitatif yang memaparkan tentang kegiatan-kegiatan Humas Universitas Sebelas Maret dalam membangun citra positif dan juga saluran komunikasi yang digunakan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan dokumen. Sumber data dipilih berdasarkan teknik purposive sample, yaitu memilih sumber data yang dianggap tahu dan dapat dipercaya untuk dijadikan sumber data sesuai dengan topik penelitian. Informan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kepala Kantor Humas dan Kerjasama Universitas Sebelas Maret, Sekretaris Kantor Humas dan Kerjasama Universitas Sebelas Maret, dan para pranata humasnya. Sedangkan teknik analisis data menggunakan model interaktif yang terdiri dari tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa Humas Universitas Sebelas Maret memiliki peran penting dalam pembentukan citra positif karena Kantor Humas dan Kerjasama Universitas Sebelas Maret berkedudukan sebagai lembaga fungsional berperan sangat dalam hal programming, relationship,writing and editing, informations, productions, special events, speaking, dan research and evaluating. Peran penting humas terletak pada bagaimana humas menjadi jembatan penghubung antara Universitas Sebelas Maret dengan publiknya. Hal ini dapat dilihat dari program kerja-program kerja Kantor Humas dan Kerjasama Universitas Sebelas Maret dengan target utama terwujudnya pengembangan dan peningkatan image lembaga di akhir 2009.
[ pdf ]

Links

News

About

Perpustakaan Digital adalah sebuah sistem yang memiliki berbagai layanan dan obyek informasi yang mendukung akses obyek informasi melalui perangkat digital.