UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG KONSEP GAYA MELALUI METODE EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI TEGALOMBO I KECAMATAN KALIJAMBE KABUPATEN SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2009/2010
Oleh :
Andayani
ABSTRAK Tujuan Penelitian untuk meningkatkan hasil belajar IPA tentang konsep gaya dengan metode eksperimen siswa kelas IV SD Negeri Tegalombo 1 Kecamatan Kalijambe Kabupaten Sragen tahun ajaran 2009/2010. Variabel yang menjadi sasaran perubahan dalam penelitian tindakan kelas adalah hasil belajar IPA tentang konsep gaya, sedangkan variabel tindakan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen.Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Sebagai subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri Tegalombo 1 kecamatan Kalijambe kabupaten Sragen. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi / pengamatan, kajian dokumen dan tes. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis model interaktif yang terdiri dari tiga komponen analisis yaitu reduksi data, sajian data dan penarikkan kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, ada peningkatan hasil belajar IPA tentang konsep gaya setelah dilaksanakan tindakan kelas melalui metode eksperimen. Pada siklus I ada peningkatan dari nilai rata-rata 58,25 (kondisi awal) menjadi 63,75 dan dari pencapaian Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dari 45% menjadi 70%. Siklus II terjadi peningkatan dari nilai rata-rata 63,75 menjadi 71,92 dan dari pencapaian Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dari 70% menjadi 85%. Berdasarkan simpulan, dapat diajukan suatu rekomendasi bahwa melalui metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar IPA tentang konsep gaya pada siswa kelas IV SD Negeri Tegalombo 1 kecamatan Kalijambe kabupaten Sragen tahun pelajaran 2009/2010. ABSTRAK Education Faculty of Sebelas Maret University of Surakarta, June 2010. The aim of research is to improve the study result in sains especially about the concept of energy by using an experiment method in fouth class of SD Negeri Tegalombo 1 IN Kalijambe district Sragen regency during 2009/ 2010 academic year .The variable which is become the target changed in this class action research is the result study in sains about the concept of energy, while the action variable used in this research is experiment method.This research is classroom action research using two cycles. Each cycles consist of four steps is: planning, implementing, observationand reflection. The subject of this research is the fouth grade student of SD Negeri Tegalombo 1 in Kalijambe district Sragen regency. The researcher uses observation, library research and a test method as a technique to collect the data. This research uses an interactif analysis technique consisting of three component ic: data reduction, to analyze the data and conclusion/ verification. Based on the analysis, the writer comes to the conclusion that there is an improvement in the result students study in sains about the concept of energy after the classroom action research was done through an experiment method. This result can be showed by the improvement in the result study sains about the concept of energy before and after the research done. In the first cycles, the average mark improves from 58,25 to 63,75 after the research done and the KKM ( The Minimal Avarage Achievement) from 45% to 70%. In second cycles, there is an average mark improvement from 63,75 to 71,92 and the KKM achievement from 70% to 85%. Based on the conclusion, it can be submitted as a recommendation that through an experiment method, it can improve the result study on Sains about the concept of energy in fouth grade student of SD Negeri Tegalombo 1 Kalijambe district Sragen regency during 2009/2010 academic year.

Links

News

About

Perpustakaan Digital adalah sebuah sistem yang memiliki berbagai layanan dan obyek informasi yang mendukung akses obyek informasi melalui perangkat digital.