PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN AKUNTANSI DENGAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAME TOURNAMENT (TGT) PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 KARTASURA TAHUN AJARAN 2009/2010 ( PENELITIAN TINDAKAN KELAS
Oleh :
Dyah Perwita
ABSTRAK Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran akuntansi dengan metode pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament (TGT) pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kartasura tahun ajaran 2009/2010. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Obyek penelitian adalah siswa kelas XI IPS 4 SMA Negeri 1 Kartasura yang berjumlah 46 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan kolaborasi antara guru kelas, peneliti, dan melibatkan siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan observasi, wawancara, angket, tes dan dokumentasi. Prosedur penelitian meliputi 6 tahap, yaitu: (1) identifikasi masalah, (2) persiapan tindakan, (3) penyusunan rencana tindakan, (4) implementasi tindakan, (5) pengamatan, dan (6) penyusunan laporan. Proses penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: (1) perencanaan tindakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan interprestasi, dan (4) analisis dan refleksi. Setiap siklus dilaksanakan dalam tiga kali pertemuan, selama 6 x 45 menit. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan prestasi balajar mata pelajaran akuntansi dengan metode pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament (TGT) pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kartasura tahun ajaran 2009/2010. Hal tersebut terefleksi dari beberapa indikator sebagai berikut: (1) Motivasi berprestasi siswa meningkat sebesar 5,43% dari 79,70% pada siklus pertama menjadi 85,13% pada siklus kedua, (2) Siswa semakin antusias, berpartisispasi dalam pembelajaran dan bersemangat pada saat pemberian apersepsi, penjelasan materi dan diskusi kelompok sebesar 68,93% pada siklus pertama menjadi 78% pada siklus kedua, (3) Siswa semakin antusias, berpartisispasi dalam pembelajaran dan bersemangat pada saat pelaksanaan turnamen sebesar 66,67% pada siklus pertama menjadi 71,43% pada siklus kedua, (4) Siswa semakin antusias, berpartisispasi dalam pembelajaran dan bersemangat pada saat pelaksanaan evaluasi individu sebesar 69,22% pada siklus pertama menjadi 73,65% pada siklus kedua, (5) Adanya peningkatan prestasi belajar siswa sebesar 10,87%, dari 84,78% sebanyak 39 siswa pada siklus pertama meningkat menjadi 44 siswa sebesar 95,65% pada siklus kedua. Peningkatan tersebut terjadi setelah guru melakukan beberapa upaya, antara lain: (1) Guru sudah menerapkan metode Team Game Tournament (TGT) dan mengelola kelas dengan cukup baik, hal tersebut dapat dilihat dari: (a) kemampuan guru dalam meningkatkan motivasi berprestasi siswa melalui pembelajaran dengan metode Team Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran akuntansi dengan metode pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament (TGT) pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kartasura tahun ajaran 2009/2010. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Obyek penelitian adalah siswa kelas XI IPS 4 SMA Negeri 1 Kartasura yang berjumlah 46 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan kolaborasi antara guru kelas, peneliti, dan melibatkan siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan observasi, wawancara, angket, tes dan dokumentasi. Prosedur penelitian meliputi 6 tahap, yaitu: (1) identifikasi masalah, (2) persiapan tindakan, (3) penyusunan rencana tindakan, (4) implementasi tindakan, (5) pengamatan, dan (6) penyusunan laporan. Proses penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: (1) perencanaan tindakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan interprestasi, dan (4) analisis dan refleksi. Setiap siklus dilaksanakan dalam tiga kali pertemuan, selama 6 x 45 menit. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan prestasi balajar mata pelajaran akuntansi dengan metode pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament (TGT) pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kartasura tahun ajaran 2009/2010. Hal tersebut terefleksi dari beberapa indikator sebagai berikut: (1) Motivasi berprestasi siswa meningkat sebesar 5,43% dari 79,70% pada siklus pertama menjadi 85,13% pada siklus kedua, (2) Siswa semakin antusias, berpartisispasi dalam pembelajaran dan bersemangat pada saat pemberian apersepsi, penjelasan materi dan diskusi kelompok sebesar 68,93% pada siklus pertama menjadi 78% pada siklus kedua, (3) Siswa semakin antusias, berpartisispasi dalam pembelajaran dan bersemangat pada saat pelaksanaan turnamen sebesar 66,67% pada siklus pertama menjadi 71,43% pada siklus kedua, (4) Siswa semakin antusias, berpartisispasi dalam pembelajaran dan bersemangat pada saat pelaksanaan evaluasi individu sebesar 69,22% pada siklus pertama menjadi 73,65% pada siklus kedua, (5) Adanya peningkatan prestasi belajar siswa sebesar 10,87%, dari 84,78% sebanyak 39 siswa pada siklus pertama meningkat menjadi 44 siswa sebesar 95,65% pada siklus kedua. Peningkatan tersebut terjadi setelah guru melakukan beberapa upaya, antara lain: (1) Guru sudah menerapkan metode Team Game Tournament (TGT) dan mengelola kelas dengan cukup baik, hal tersebut dapat dilihat dari: (a) kemampuan guru dalam meningkatkan motivasi berprestasi siswa melalui pembelajaran dengan metode Team Game Tournament (TGT), (b) kemampuan guru dalam memotivasi siswa untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran yang berlangsung, (c) guru sudah dapat meningkatkan rasa tanggung jawab dan kompetisi dalam diri siswa, guna meningkatkan prestasi belajar siswa dalam kegiatan belajar mengajar melalui game tournament; (2) Guru menyadari perlunya melakukan suatu evaluasi terhadap proses pembelajaran, agar segala kelemahan yang ada dapat teratasi dengan baik dan tidak terulang dalam proses pembelajaran berikutnya.

Links

News

About

Perpustakaan Digital adalah sebuah sistem yang memiliki berbagai layanan dan obyek informasi yang mendukung akses obyek informasi melalui perangkat digital.