PENGARUH PENYULUHAN TENTANG MENSTRUASI TERHADAP TINGKAT KECEMASAN MENGHADAPI MENARCHE PADA REMAJA PUTRI KELAS VI DI SDN MANGKUBUMEN LOR NO. 15 SURAKARTA
Oleh :
Hardiningsih
ABSTRAK : Dimulainya masa remaja ditandai dengan pubertas dan salah satu kejadian yang penting dalam pubertas adalah menarche. Menarche pada remaja putri dapat menimbulkan kecemasan, hal ini disebabkan oleh pengetahuan dan sikap yang kurang tentang perubahan fisik dan psikologis. Oleh karena itu diperlukan pemberian informasi kesehatan reproduksi remaja (KRR) khususnya tentang menstruasi dan salah satu caranya melalui penyuluhan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh penyuluhan tentang menstruasi terhadap tingkat kecemasan menghadapi menarche pada remaja putri kelas VI di SDN Mangkubumen Lor No. 15 Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian jenis eksperimen semu dengan model rancangan Non Equivalent Control Group. Populasi dalam penelitian ini adalah remaja putri kelas VI SDN Mangkubumen Lor No. 15 Surakarta tahun 2009 yang berjumlah 62 remaja putri, dimana kelompok perlakuan 31 remaja putri dan kelompok kontrol 31 remaja putri yang diambil dengan cara Systematic Sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan uji beda t-test dengan rumus t Test independen. Hasil penelitian dengan uji statistik t Test Independen menunjukkan t hitung 5,033 dengan df = 60, t tabel = 2,000 dan nilai p = 0,000, dimana nilai p < 0,05 (0,000 < 0,05) atau t hitung > t tabel (5,033 > 2,000) artinya ada perbedaan yang bermakna antara tingkat kecemasan kelompok perlakuan dengan kelompok kontrol. Kesimpulan adalah ada pengaruh positif adanya penyuluhan tentang menstruasi terhadap tingkat kecemasan menghadapi menarche pada remaja putri kelas VI di SDN Mangkubumen Lor No. 15 Surakarta. Kata Kunci : Penyuluhan, menstruasi, kecemasan, menarche.

Links

News

About

Perpustakaan Digital adalah sebuah sistem yang memiliki berbagai layanan dan obyek informasi yang mendukung akses obyek informasi melalui perangkat digital.