PENERAPAN METODE BERMAIN KARTU BILANGAN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA PADA ANAK TUNA GRAHITA KELAS II SDLB NEGERI BOYOLALI
Oleh :
Sri Winarni
ABSTRAK . Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar matematika melalui metode bermain kartu bilangan pada siswa kelas II di SDLB Negeri Boyolali. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yaitu suatu penelitian yang berupa kolaborasi atau kerja sama antara peneliti (guru kelas) dengan kolaborator (teman guru), siswa, dan kepala sekolah yang dilakukan di SDLB Negeri Boyolali. Subyek penelitian adalah semua siswa kelas II C SDLB Negeri Boyolali tahun ajaran 2008/2009 sejumlah 4 siswa, yang terdiri dari 3 siswa putra dan 1 siswa putri. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara. Untuk menguji validitas data menggunakan teknik triangulasi, yaitu: trianggulasi sumber, trianggulasi metode, dan trianggulasi teoritis. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kritis untuk mengungkap kelemahan dan kelebihan kinerja guru dan siswa dalam proses pembelajaran Proses penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yang meliputi empat tahapan, yaitu (1) perencanaan tindakan; (2) pelaksanaan tindakan; (3) observasi dan interpretasi; dan (4) analisis dan refleksi tindakan. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa: metode bermain kartu bilangan dapat meningkatkan motivasi belajar matematika pada anak tuna grahita kelas II SDLB Negeri Boyolali.

Links

News

About

Perpustakaan Digital adalah sebuah sistem yang memiliki berbagai layanan dan obyek informasi yang mendukung akses obyek informasi melalui perangkat digital.