PERBEDAAN SIKAP DALAM MENGHADAPI MENOPAUSE ANTARA IBU RUMAH TANGGA DAN WANITA BERPERAN GANDA DI RW XI PERUMAHAN BUMI GRAHA INDAH (BGI) KECAMATAN JATEN KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN 2009
Oleh :
Fitraningtyas Yuliarsanti
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan sikap dalam menghadapi menopause antara ibu rumah tangga dan wanita berperan ganda di Perumahan Bumi Graha Indah (BGI). Perbedaan sikap dalam menghadapi menopause dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti pendidikan, pengetahuan, lingkungan, status pekerjaan, kepribadian, dan pengaruh emosional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasional analitik dengan rancangan Cross Sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah semua wanita usia premenopause (40-50 tahun) warga RW XI Perumahan BGI. Sampel yang digunakan berjumlah 68 orang. Teknik sampling dengan menggunakan Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data dengan cara pengisian kuesioner oleh responden. Data dianalisis menggunakan chi-kuadrat, derajat kemaknaan = 0,05 dengan bantuan komputer SPSS, untuk mengetahui perbedaan sikap dalam menghadapi menopause antara ibu rumah tangga dan wanita berperan ganda yang bermakna di RW XI Perumahan BGI. Hasil penelitian ini, sikap dalam menghadapi menopause pada ibu rumah tangga sebagian besar adalah positif (sikap yang sesuai dengan norma) sebanyak 84,38% dan sebagian kecil adalah negatif (sikap yang bertentangan dengan norma) sebanyak 15,63%. Sikap pada wanita berperan ganda (ibu rumah tangga sekaligus wanita pekerja) seluruhnya positif (100%). Proporsi sikap negatif ibu rumah tangga lebih tinggi daripada wanita berperan ganda. Uji beda Chi Square dengan tingkat kemaknaan 95% atau alpha = 0,05 diperoleh nilai Chi kuadrat hitung = 6,071 (p = 0,014) yang berarti terdapat perbedaan sikap dalam menghadapi menopause antara ibu rumah tangga dan wanita berperan ganda yang bermakna di Perumahan BGI.

Links

News

About

Perpustakaan Digital adalah sebuah sistem yang memiliki berbagai layanan dan obyek informasi yang mendukung akses obyek informasi melalui perangkat digital.