KUALITAS PELAYANAN KANTOR PEMADAM KEBAKARAN KOTA SURAKARTA DALAM PEMADAMAN KEBAKARAN
Oleh :
Slamet
Slamet, S 2403019.2003. Kualitas Pelayanan Kantor Pemadam Kebakaran Dalam Pemadaman Kebakaran. Tesis Program Pasca Sarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan kualitas pelayanan Kantor Pemadam Kebakaran Kota Surakarta dalam pemadaman kebakaran dari pandangan dan pernyataan pengguna pelayanan pemadaman kebakaran. Hal ini penting untuk mengetahui hal-hal apa yang perlu diperbaiki atau ditingkatkan, dipertahankan, sehingga dapat memberikan pelayanan sesuai yang diharapkan masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan data kuantitatif dengan melalui survey, sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan tehnik dokumentasi dan kuesioner. Adapun kuesioner tersebut disampaikan untuk mendapatkan jawaban dari pengguna pelayanan pemadam kebakaran secara sample. Dengan tehnik pengambilan sampling acak dengan jumlah sample setengah dari jumlah populasi. Selanjutnya data diolah dengan mengunakan tehnik analisis diagram kartesius. Berdasarkan konsep Parasuraman Zeitham dan Bitner penelitian ini hanya meneliti empat indikator kualitas pelayanan yang berkaitan dengan Kantor Pemadam Kebakaran Kota Surakarta yaitu bukti lanmgsung, daya tanggap, kehandalan dan jaminan. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa dari empat indicator kualitas pelayanan, maka Kantor Pemadam Kebakaran Kota Surakarta, berdasarkan hasil jawaban pertanyaan dan pernyataan pengguna pelayanan pemadam kebakaran sebanyak 43 responden dapat disimpulkan sebagai berikut: (1). Bukti langsung berupa sarana prasarana yang dimiliki cukup memadai namun yang belum dimiliki yaitu mobil tangga hidrolis masih belum punya, mobil unit pemadam kebakaran jumlahnya masih kurang belum sebanding dengan jumlah penduduk, pos pelayanan pemadam kebakaran perkecamatan masih kurang dan perlengkapan lainnya,sehingga berdasarkan analisa data diagram kartesius sarana prasarana Pemadam Kebakaran Kota Surakarta menunjukkan pada kuadran A yang artinya keinginannya tinggi kenyataannya rendah, oleh karena itu yang masih kurang agar mengusulkan pengadaannya ke APBD kota Surakarta / propinsi / pusat. (2). Daya tanggap dari hasil penelitian cukup baik, dikarenakan waktu terima telepon minta bantuan pemadaman sampai berangkat menuju lokasi tidak lebih dari 10 menit, meskipun telepon sering diganggu oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab,sehingga daya tanggap Kantor Pemadam Kebakaran menunjukkan pada tingkat kuadran B artinya keinginannya tinggi kenyataannya tinggi, agar tetap dipertahankan. (3). Kehandalan dari hasil penelitian hanya cukup, hal ini disebabkan karena belum semua petugas pemadam kebakaran bisa mengoperasionalkan dan mengemudikan mobil unit pemadam kebakaran dan juga belum menguasai medan, karena personilnya masih baru, sehingga kehandalan Kantor Pemadam Kebakaran Kota Surakarta menunjukkan pada tingkat kuadran C artinya keinginannya rendah kenyataannya juga rendah, agar ditingkatkan dengan diadakan pembinaan,pendidikan dan pelatihan personil.. (4). Jaminan berdasarkan hasil penelitian baik, hal ini disebabkan setiap memberikan bantuan pemadam kebakaran selalu selesai tuntas dan tidak membedakan, untuk semua warga masyarakat dan gratis, sehingga jaminan Kantor Pemadam Kebakaran Kota Surakarta menunjukkan pada kuadran B artinya keinginan tinggi kenyataannya juga tinggi, keadaan ini untuk tetap dipertahankan.

Links

News

About

Perpustakaan Digital adalah sebuah sistem yang memiliki berbagai layanan dan obyek informasi yang mendukung akses obyek informasi melalui perangkat digital.