PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP PESAWAT SEDERHANA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 GLINTANG SAMBI BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2010 / 2011
Oleh :
Luluk Rahmawati
Tujuan Penelitian ini adalah (1) Meningkatkan pemahaman konsep pesawat sederhana melalui model pembelajaran kontekstual pada siswa kelas V SD Negeri 1 Glintang, Sambi, Boyolali tahun 2010/2011 (2) Mendiskripsikan proses pembelajaran model kontekstual dalam meningkatkan pemahaman konsep pesawat sederhana pada siswa kelas V SD Negeri 1 Glintang Sambi Boyolali tahun 2010/2011. Penelitian ini menggunakan bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sebanyak dua siklus. Setiap siklus dilaksanakan tiga kali pertemuan. Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri I Glintang, Sambi, Boyolali dengan jumlah siswa 10 anak. Teknik Pengumpulan data menggunakan observasi (pengamatan), wawancara, kajian dokumen, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik diskriptif komparatif dan teknik analisis kritis. Teknik diskriptif komparatif digunakan untuk membandingkan hasil antara siklus I dan siklus II. Sedangkan teknik analisis kritis mencakup kegiatan untuk mengungkap kelebihan dan kekurangan hasil kinerja guru dan siswa dalam proses pembelajaran berdasarkan kajian teori maupun ketentuan yang ada. Teknik analisis kritis ini berupa pendapat atau komentar berdasarkan data yang ada. Hasil penelitian ini adalah (1) Nilai rata-rata kelas tentang pemahaman konsep pesawat sederhana pada siklus I aspek penguasaan konsep mencapai 72, unjuk kerja 68, penilaian sikap 69. Nilai rata-rata ketiga aspek mencapai 70. Sedangkan indikator keberhasilan siswa pada siklus I adalah 60 % siswa sudah mencapai KKM. (2) Nilai rata-rata kelas tentang pemahaman konsep pesawat sederhana pada aspek penguasaan konsep mencapai 74, unjuk kerja 73, penilaian sikap 76. Nilai rata-rata ketiga aspek mencapai 75. Dalam pelaksanaan pembelajaran IPA pada siklus II ini 80% siswa sudah mencapai KKM. Sedangkan indikator keberhasilan siswa yang ingin dicapai adalah 70% siswa mencapai KKM. Ini berarti indikator keberhasilan siswa sudah tercapai. Kesimpulan penelitian ini adalah (1) Model pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan pemahaman konsep pesawat sederhana pada siswa kelas V SD Negeri 1 Glintang, Sambi, Boyolali tahun 2010/2011. (2) Proses pembelajaran model kontekstual dalam meningkatkan pemahaman konsep pesawat sederhana pada siswa kelas V SD Negeri 1 Glintang Sambi Boyolali melalui pembelajaran dengan cara mengaitkan materi pelajaran dengan kehidupan nyata di lingkungan sekitar anak.

Links

News

About

Perpustakaan Digital adalah sebuah sistem yang memiliki berbagai layanan dan obyek informasi yang mendukung akses obyek informasi melalui perangkat digital.