PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI DAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD KRISTEN KALAM KUDUS KOTAMADYA SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011 (PENELITIAN TINDAKAN KELAS)
Oleh :
Slameto
Tujuan Penelitian : (1) Mengetahui partisipasi siswa dalam proses Kegiatan Belajar Mengajar IPS. (2) Mengetahui prestasi siswa dalam pembelajaran IPS. (2) Mengetahui mengapa Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dapat meningkatkan Prestasi belajar IPS. Metode Penelitian : Penelitian dilaksanakan di SD Kristen Kalam Kudus Surakarta yang menjadi Subjek penelitian adalah kelas VC yang berjumlah 30 siswa. Sedangkan Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan, dengan tekhnik Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dengan Tiga Siklus. Hasil dari penelitian adalah : (1) Penerapan Model Pembelajaran Koopratif tipe STAD dapat meningkatkan partisipasi Siswa terhadap pembelajaran IPS (2) penerapan Model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan prestasi siswa terhadap pelajaran IPS, (3) Model Kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan Partisipasi dan Prestasi siswa terhadap pelajaran IPS jika dilaksanakan sesuai dengan Tahapan yang benar. Kata kunci : Model pembelajaran Kooperatif tipe STAD, Partisipasi dan Prestasi

Links

News

About

Perpustakaan Digital adalah sebuah sistem yang memiliki berbagai layanan dan obyek informasi yang mendukung akses obyek informasi melalui perangkat digital.