PENGARUH PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS MACROMEDIA DIRECTOR MX DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP CANDI DITINJAU DARI KESADARAN SEJARAH (EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI DI KOTA MALANG)
Oleh :
Ulfatun Nafi’ah
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis Macromedia Director MX dan Power Point dalam pemebelajaran sejarah terhadap pemahaman konsep candi siswa kelas VII SMP Negeri di Kota Malang, (2) Pengaruh siswa yang memiliki kesadaran sejarah tinggi dan siswa yang memiliki kesadaran sejarah rendah terhadap pemahaman konsep candi dan (3) Pengaruh interaksi penggunaan multimedia interaktif dalam pemebelajaran sejarah dan kesadaran sejarah terhadap pemahaman konsep candi. Penelitian eksperimen ini dilaksanakan di SMP Negeri Kota Malang, sebagai kelompok eksperimen adalah SMP Negeri 10 dan sebagai kelompok kontrol SMP Negeri. Pemilihan sampel penelitian dilakkukan dengan multistage sampling sehingga diperoleh jumlah sampel untuk kelompok eksperimen 34 siswa kelas VII dan kelompok kontrol 40 siswa kelas VII tahun ajaran 2011/2012. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan angket. Tes digunakan untuk mengetahui pemahaman konsep candi siswa untuk mengetahui tingkat kesadaran sejarah siswa. Untuk mengetahui validitas dan reliabilitas tes dan angket dilakukan uji coba instrumen di SMP Negeri 12 Malang. Berdasarkan hasil uji coba dari 30 soal terdapat 29 soal valid dan 1 soal tidak valid. Sedangkan reliabilitas tes diperoleh perhitungan r11 = 0, 742. Hasil uji validitas 40 butir angket terdapat 25 butir angket valid dan 15 butir angket tidak valid sedangkan reliabilitas instrumen angket diperoleh perhitungan sebesar r11 0, 717. Teknik analisis penelitian yang digunakan adalah Analisis Varians (ANAVA) dua jalur dengan desain faktorial 2x2. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) Terdapat perbedaan pengaruh penggunaan media berbasis Macromedia Director MX dan media PowerPoint dalam pemebelajaran sejarah terhadap pemahaman konsep candi dengan Fhitung = 68,681 > F tabel (a = 0,05) = 3,11 taraf signifikansi 0,05, hal ini berarti Ho ditolak, jadi penggunaan media pemebelajaran berbasis Macromedia Director lebih baik dibandingkan dengan media pemebelajaran sejarah berbasis Power Point pada materi candi Hindu-Budha untuk meningkatkan pemahaman konsep candi siswa; (2) Terdapat perbedaan pengaruh siswa yang memiliki kesadaran sejarah tinggi dan siswa yang memiliki kesadaran sejarah rendah terhadap pemahaman konsep candi dengan Fhitung = 80,772 > F tabel (a = 0,05) = 3,11 taraf signifikansi 0,05, hal ini berarti Ho ditolak, jadi pemahaman konsep candi siswa akan lebih baik jika siswa memiliki kesadaran sejarah tinggi; (3) Tidak terdapat interaksi penggunaan multimedia interaktif dalam pembelajaran sejarah dan kesadaran sejarah terhadap pemahaman konsep candi dengan Fhitung = 0,710 < F tabel (a = 0,05) = 3,11 taraf signifikansi 0,05, hal ini berarti Ho diterima, artinya tidak ada interaksi penggunaan media pemebelajaran sejarah dan kesadaran sejarah terhadap pemahaman konsep candi siswa.

Links

News

About

Perpustakaan Digital adalah sebuah sistem yang memiliki berbagai layanan dan obyek informasi yang mendukung akses obyek informasi melalui perangkat digital.