MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN MEMUKUL BOLA MELALUI PENERAPAN MODIFIKASI ALAT PEMBELAJARAN DALAM PERMAINAN KASTI PADA SISWA KELAS IV SDNEGERI SIGENTONG KECAMATAN WARUREJA KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Oleh :
Suqroh
ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan memukul bola melalui penerapan modifikasi alat pembelajaran dalam permainan Kasti pada siswa kelas IV SD Negeri Sigentong Kecamatan Warureja Kabupaten Tegal Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri Sigentong Kecamatan Warureja Kabupaten Tegal yang berjumlah 54 siswa. Sumber data berasal dari guru dan siswa.Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, dan dokumentasi atau arsip. Validitas data menggunakan triangulasi metode, trianggulasi data dan trianggulasi sumber. Analisis data meliputi data kwantitatif dan kwalitatif Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan alat bantu pembelajaran dapat meningkatkan gerak dasar permainan kasti dengan menggunakan media pembelajaran yaitu modifikas ialat pemukul berpenampang lebar. Simpulan hasil penelitian secara singkat yaitu terdapatnya peningkatan kemampuan memukul bola kasti pada siswa kelas IV SD Negeri Sigentong Kecamatan Warureja Kabupaten Tegal. Berdasarkan analisis data yang diperoleh terdapat peningkatan dari kondisi awal ke siklus I dan siklus II, hal ini bisa dilihat dari nilai ketuntasan hasil belajar pada kondisi awal (31 %), siklus I (65 %) dan siklus II (85 %), sehingga peningkatan dari kondisi awal ke siklus II sebesar (54 %).

Links

News

About

Perpustakaan Digital adalah sebuah sistem yang memiliki berbagai layanan dan obyek informasi yang mendukung akses obyek informasi melalui perangkat digital.