ANALISIS KETERKAITAN BAHAN AJAR IPS DENGAN MUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SMP NEGERI I NGADIROJO KABUPATEN WONOGIRI TAHUN PELAJARAN 2012 / 2013
Oleh :
Sri Basuki
Penelitian ini bertujuan menganalisis: 1) Keterkaitan bahan ajar pembelajaran IPS dengan muatan karakter yang ada dengan hasil-hasil penelitian bidang pembelajaran IPS berbasis karakter. 2) Kendala–kendala yang dihadapi serta cara mengatasinya dalam pelaksanaan pendidikan karakter yang terkait dengan bahan ajar pembelajaran IPS. 3) Hasil pelaksanaan pendidikan karakter yang terkait dengan bahan ajar IPS di SMP Negeri I Ngadirojo. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri I Ngadirojo Kabupaten Wonogiri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dalam bentuk diskriptif. Sumber data diperoleh dari tiga sumber, yaitu (1) peristiwa, (2) informan, (3) dokumen atau sumber tertulis. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan: (1) pengamatan/observasi. (2) wawancara (3) mengkaji dokumen (content analysis), (4) kuesioner. Pengambilan sample dengan menggunakan purpusive sampling dan teknik cuplikan. Pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan keajegan pengamatan dan trianggulasi data. Hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan teknis analisis interaktif (1) reduksi data, (2) sajian data, (3) penarikan simpulan/verifikasi. Berdasarkan hasil temuan penelitian, dapat disimpulkan: 1) Keterkaitan dalam bahan ajar IPS dengan nilai-nilai karakter yang ditanamkan pada siswa belum tampak mendalam tercermin pada materi yang disajikan. 2) Kendala yang ditemui dalam bahan ajar IPS tentang penanaman nilai-nilai karakter adalah (a) Sarana dan prasarana yang mendukung pembelajaran nilai-nilai karakter dalam bahan ajar IPS belum dimanfaatkan secara maksimal. (b) Masih kurangnya kompetensi guru dalam penyusunan bahan ajar IPS dengan muatan nilai-nilai karakter yang harus ditanamkan pada siswa.(c) sistem penilaian mengenai nilai-nilai karakter pada mata pelajaran IPS belum dilaksanakan secara komprehensif (menyeluruh), baru sebatas hasil belajar atau nilai kognitif dalam mata pelajaran IPS. 3) Belum semua indikator dari nilai-nilai karakter termuat dalam bahan ajar IPS yang digunakan di SMP Negeri I Ngadirojo.

Links

News

About

Perpustakaan Digital adalah sebuah sistem yang memiliki berbagai layanan dan obyek informasi yang mendukung akses obyek informasi melalui perangkat digital.