PENGGUNAAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA TENTANG BANGUN RUANG SISWA KELAS V SD NEGERI GROGOLBENINGSARI TAHUN AJARAN 2010/2011
Oleh :
Uswatun Khasanah
Uswatun Khasanah. PENGGUNAAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA TENTANG BANGUN RUANG SISWA KELAS V SD NEGERI GROGOLBENINGSARI TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret, November 2012. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan penerapan pendekatan CTL (Contextual Teaching Learning) dalam pembelajaran Matematika tentang Bangun Ruang di kelas V SD Negeri Grogolbeningsari tahun ajaran 2010/2011; (2) Meningkatkan hasil belajar Matematika tentang Bangun Ruang di kelas V SD Negeri Grogolbeningsari tahun ajaran 2010/2011. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan metode siklus yang dilaksanakan dalam 2 siklus, dengan setiap siklus terdiri perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Grogolbeningsari Kecamatan Petanahan Kabupaten Kebumen tahun 2010/2011 semester 2 dengan jumlah 34 siswa. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan tes. Untuk validasi data, peneliti menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi data. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penggunaan pendekatan Contextual Teaching Learning dapat meningkatkan proses pembelajaran Matematika dan hasil belajar Matematika siswa kelas V. Simpulan penelitian ini adalah (1) Pendekatan CTL yang dapat meningkatkan pembelajaran Matematika dilaksanakan menggunakan 7 komponen CTL yaitu kontruktivisme yang menggali kemampuan anak, tanya jawab yang aktif, pemodelan dengan model menarik, masyarakat belajar yang aktif, inkuiri yang mandiri, refleksi yang bermakna dan penilaian sebenarnya dalam semua aspek (2) Penggunaan CTL dapat meningkatkan hasil belajar Matematika tentang Bangun Ruang Kelas V SD Negeri Grogolbeningsari tahun ajaran 2010/2011. Kata kunci: Pendekatan CTL, Pembelajaran Matematika.

Links

News

About

Perpustakaan Digital adalah sebuah sistem yang memiliki berbagai layanan dan obyek informasi yang mendukung akses obyek informasi melalui perangkat digital.