PENGHAMBATAN PERTUMBUHAN BRYUM BILLARDIERII SCHWAEGR DENGAN MEDIA CAMPURAN SEMEN PORTLAND DAN LIMBAH ABU TERBANG BATUBARA
Oleh :
Karlina Purbasari
ABSTRAK Limbah abu terbang batubara dihasilkan dari pembakaran batubara, mengandung berbagai macam logam berat yang dapat menyebabkan pencemaran lingkungan. Salah satu alternatif reduksi limbah ini adalah pemanfaatan untuk bahan campuran pelapis tembok anti lumut, karena kandungan logam berat dalam limbah diasumsikan dapat menghambat pertumbuhan lumut tembok. Tujuan penelitian adalah mengetahui pengaruh dan konsentrasi optimum campuran semen portland dan limbah abu terbang batubara dalam menghambat pertumbuhan Bryum billardierii Disain penelitian digunakan rancangan acak lengkap dengan faktor tunggal berupa perlakuan limbah abu terbang batubara pada media pertumbuhan yang terdiri dari 5 konsentrasi limbah, yaitu 0%, 20%, 40%, 60% dan 80% yang dicampur dengan semen portland sampai komposisi 100%. B. billardierii ditanam satu hari setelah pembuatan media. Setiap perlakuan dengan tiga ulangan lumut, masing-masing ulangan 10 individu lumut. Parameter yang diukur adalah parameter pertumbuhan dan persentase kematian lumut tembok. Berdasarkan hasil perlakuan menunjukkan bahwa limbah abu terbang batubara berpengaruh terhadap penghambatan pertumbuhan B. billardierii untuk parameter perubahan jumlah daun, berat basah dan berat kering lumut tembok. Perlakuan limbah 20% menunjukkan persentase kematian tertinggi B. billardierii. Kata kunci: limbah batubara, Bryum billardierii, logam berat, penghambatan pertumbuhan.

Links

News

About

Perpustakaan Digital adalah sebuah sistem yang memiliki berbagai layanan dan obyek informasi yang mendukung akses obyek informasi melalui perangkat digital.