HUBUNGAN MARKETING COMMUNICATION DAN PERILAKU MEMBELI
Oleh :
Riskha Dora Candra Dewi
ABSTAK Penelitian yang bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara kegiatan marketing communication dan perilaku membeli serta apakah ada hubungan antara status ekonomi dan interaksi sosial juga mempengaruhi perilaku membeli ini dilakukan pada mahasiswa nonreguler UNS angkatan 2006-2007. Dengan mengambil sampel 74 orang dari total populasi 278 orang, penelitian ini menggunakan tehnik pengambilan sampel proporsional random sampling, yaitu pengambilan sampel yang memperhatikan perimbangan jumlah unit-unit di dalam setiap subpopulasi. Dalam penelitian ini peneliti merumuskan hubungan dari tiga variabel yaitu : Variabel Independent I Kegiatan Marketing Communication Citra Hazeline,Variabel II Status Ekonomi dan Interaksi Sosial dan variabel dependent perilaku membeli untuk mengetahui hubungan ketiga variabel tersebut digunakan analisis tata jenjang spearman. Setelah diketahui nilai kritik t = 6,543, kemudian dikonsultasikan dengan nilai kritik t pada tabel, dengan memperhatikan derajat kebebasan (df) N 2 = 72, serta signifikan 10%, maka nilai df: 72 berada diantara nilai 70 (1,667) dan 80 (1,664). Berdasarkan hasil pengujian diatas, diketahui bahwa nilai t yang diperoleh lebih dari nilai kritiknya. Dengan demikian Hi diterima Ho ditolak ini berarti ada hubungan yang signifikan antara variabel independen (x1) dan variabel dependen (y) dan dapat disimpulkan bahwa: Jika kegiatan marketing communication Citra Hazeline yang terwujud dalam perhatian dan pemahaman maksud iklan Citra Hazeline yang tinggi, maka akan berhubungan positif dengan perilaku membeli produk Citra Hazeline di kalangan mahasiswa Nonreg FISIP UNS Angkatan 2006-2007 Setelah diketahui nilai kritik t = 5,645, kemudian dikonsultasikan dengan nilai kritik t pada tabel, dengan memperhatikan derajat kebebasan (df) N 2 = 72, serta taraf signifikan 10%, maka nilai df 72 berada diantara nilai 70 (1,667) dan 80 (1,664). Berdasarkan hasil pengujian diatas, diketahui bahwa nilai t yang diperoleh lebih dari nilai kritiknya. Dengan demikian Hi diterima Ho ditolak ini berarti ada hubungan yang signifikan antara variabel status ekonomi (x2) dan perilaku membeli produk Citra Hazeline di kalangan mahasiswa Nonreg FISIP UNS Angkatan 2006-2007 Setelah diketahui nilai kritik t = 3,869, kemudian dikonsultasikan dengan nilai kritik t pada tabel, dengan memperhatikan derajat kebebasan (df) N 2 = 72, serta taraf signifikan 10%, maka nilai df 72 berada diantara nilai 70 (1,667) dan 80 (1,664). Berdasarkan hasil pengujian diatas, diketahui bahwa nilai t yang diperoleh lebih dari nilai kritiknya. Dengan demikian Hi diterima Ho ditolak ini berarti ada hubungan yang signifikan antara variabel interaksi sosial (x3) perilaku membeli produk Citra Hazeline di kalangan mahasiswa Nonreg FISIP UNS Angkatan 2006-2007

Links

News

About

Perpustakaan Digital adalah sebuah sistem yang memiliki berbagai layanan dan obyek informasi yang mendukung akses obyek informasi melalui perangkat digital.