PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA PADA SISWA KELAS VIII B SMP ISLAM AL-HADI MOJOLABAN TAHUN AJARAN 2008/2009
Oleh :
Rahmi Atiningrum
ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) meningkatkan kualitas proses pembelajaran menulis teks berita pada siswa kelas VIII B SMP Islam Al-Hadi Mojolaban melalui penerapan metode pembelajaran STAD dan (2) meningkatkan kualitas hasil pembelajaran menulis teks berita pada siswa kelas VIII B SMP Islam Al-Hadi Mojolaban melalui penerapan metode pembelajaran STAD. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan strategi penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIIB SMP Islam Al-Hadi Mojolaban yang berjumlah 43 siswa dengan guru kolaborator Dian Perdani, S. Pd. Sumber data yang digunakan adalah: (1) informan, yakni guru Bahasa Indonesia kelas VIII B dan beberapa siswa yang mudah diajak komunikasi; (2) dokumen dan arsip, berupa daftar nilai siswa, silabus, RPP, transkrip hasil rekaman; (3) tempat dan peristiwa, yakni bertempat di SMP Islam Al-Hadi Mojolaban dan peristiwa proses pembelajaran yang berlangsung. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, penilaian tes, wawancara, dan perekaman. Pelaksanaan tindakan penelitian ini dilakukan mulai dari prasiklus, siklus 1, siklus 2, dan siklus 3. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yakni (1) perencanaan tindakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan interpretasi, (4) analisis dan refleksi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) terdapat peningkatan kualitas proses pembelajaran menulis teks berita pada siswa kelas VIII B SMP Islam Al-Hadi dan (2) terdapat peningkatan kualitas hasil pembelajaran menulis teks berita pada siswa kelas VIII B SMP Islam Al-Hadi Mojolaban melalui penerapan pembelajaran kooperatif STAD. Peningkatan kualitas proses terefleksi dari: (a) meningkatnya perhatian dan konsentrasi siswa selama pembelajaran, dengan peningkatan skor dari 3,16 pada prasiklus, 3.16 pada siklus I, 3.51 pada siklus II, dan 3,60 pada siklus II; (b) meningkatnya keaktifan siswa selama pembelajaran dengan peningkatan skor rerata 2.46 pada prasiklus, 3,16 poin pada siklus I, 3,51 pada siklus II, dan 3,60 pada siklus III; (c) meningkatnya minat siswa dengan peningkatan skor rerata 2.83 pada prasiklus, 3,34 pada siklus I, 3,51 pada siklus II, dan 3,87 pada siklus III. Sedangkan peningkatan kualitas hasil dapat dilihat dari nilai siswa dalam mengerjakan kuis yang terus-menerus mengalami peningkatan pada tiap siklus. Peningkatan rerata kualitas hasil pembelajaran menulis teks berita siswa meliputi 59,34 pada prasiklus, kemudian 63.58 pada siklus I, 67,14 pada siklus II, dan 69,78 pada siklus III.

Links

News

About

Perpustakaan Digital adalah sebuah sistem yang memiliki berbagai layanan dan obyek informasi yang mendukung akses obyek informasi melalui perangkat digital.