PROSEDUR PELAYANAN PEMBUATAN KARTU KELUARGA (KK) DAN KARTU TANDA PENDUDUK (KTP) DI KECAMATAN BANJARSARI SURAKARTA
Oleh :
Desi Wityastuti
ABSTRAK Penulisan Tugas Akhir ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui tentang prosedur pelayanan pembuatan kartu keluarga (KK) dan kartu tanda penduduk (KTP) di Kecamatan Banjarsari Surakarta. Penulisan ini difokuskan pada pelayanan yang diberikan oleh pemerintah, sehingga masyarakat dapat dengan mudah mengaksesnya dan mengetahui bagaimana prosedur pembuatan KK dan KTP Dalam melakukan penelitian Tugas Akhir ini, penulis menggunakan jenis penelitian Deskriptif Kualitatif yakni, prosedur pemecahan masalah yang diselidiki, dengan menggambarkan atau melukiskan keadaan obyek penelitian pada saat sekarang berdasarkan fakta - fakta yang tampak atau sebagaimana adanya. Dimana penulis tidak hanya menggambarkan keadaan obyek penelitian dalam bentuk penjelasan dan urauian panjang tetapi penulis juga menyertakan tabel dan gambar / alur. Tehnik yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah dengan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa prosedur pelayanannya difokuskan di Kelurahan dan di Kecamatan, dimana Kecamatan yang mencetak hasilnya. Jangka waktu pembuatan KK ini sejak data diterima lengkap paling lama adalah 3-4 hari kerja dan tidak ada pungutan biaya. Namun biasanya dikenakan biaya retribusi daerah sebesar Rp. 5000. Sedangkan untuk KTP, Jangka waktu penbuatan KTP jika semua persyaratan sudah lengkap memakan waktu 1 (satu) hari kerja, dan dengan dikenakan biaya administrasi sebesar Rp. 5000, Permasalahan yang dapat penulis simpulkan adalah 1. Kurangnya disiplin kerja pegawai bagian pemerintahan, khususnya staff pelayanan masyarakat yang kurang sigap dalam memberikan pelayanan. 2. Peralatan dan perlengkapan untuk pencetakan KTP dan KK kurang memadai, serta tenaga kerja yang mengolahnya juga kurang. Dari kesimpulan yang penulis ungkapkan dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut : 1. Pada kenyataan yang ada, biaya administrasi yang seharusnya gratis, ternyata tidak sesuai prosedur. Untuk itu seharusnya petugas bisa lebih transparan mengenai biaya yang seharusnya dikeluarkan oleh masyarakat. 2. Peningkatan pelayanan dalam memproses pembuatan dari data-data KTP dan KK, sehingga KK dan KTP jadi tepat waktu. Agar masyarakat merasa puas dan terjamin terhadap pelayanan yang diberikan. 3.Pengawasan dan pengoptimalan kinerja pegawai pelayanan, dalam melayani masyarakat agar dalam memberikan pelayanan dapat terlaksana dengan baik dan cepat. 4.Penambahan jumlah peralatan dan perlengkapan serta tenaga kerja, untuk menunjang pelayanan yang ada agar pelayanan yang diberikan lebih berkualitas.

Links

News

About

Perpustakaan Digital adalah sebuah sistem yang memiliki berbagai layanan dan obyek informasi yang mendukung akses obyek informasi melalui perangkat digital.