DOKUMEN

Nomor Kelas : Kin p 2013
Penulis Utama : Kinanthi Ayuningtyas
Penulis Tambahan : Tidak ada Penulis Tambahan dalam Dokumen ini.

 
Nim : X7210070
Tahun : 2013
Badan Corporate :
Judul : Penggunaan Media Kartu Huruf Dalam Peningkatan Keterampilan Menulis Aksara Jawa Pada Siswa Kelas III SD Negeri Karangsari Tahun Ajaran 2011/2012
Judul Seragam :
Judul Seri :
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2013
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. PGSD-X7210070-2013
Subyek : AKSARA JAWA
Jenis Dokumen : Skripsi
Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan penggunaan media kartu huruf dalam peningkatan keterampilan menulis aksara Jawa siswa kelas III SD; 2) Untuk meningkatkan keterampilan menulis aksara Jawa dengan menggunakan media kartu huruf kelas III SDN Karangsari tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini termasuk dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tiga siklus, masing-masing siklus tiga kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SD Negeri Karangsari Tahun Ajaran 2011/2012. Sumber data pada penelitian ini adalah guru, teman sejawat, dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan tes hasil belajar. Validasi data dengan menggunakan triangulasi sumber data. Analisis data yang dipergunakan adalah teknik deskriptif kualitatif yang didukung oleh data kuantitatif maupun data kualitatif. Prosedur penelitian ini menggunakan prosedur Kemmis and Taggart. Hasil penelitian menunjukan bahwa melalui penggunaan media kartu huruf dapat meningkatkan keterampilan menulis aksara Jawa siswa. Hal ini terlihat dari ketepatan dan kecepatan siswa dalam menulis aksara Jawa sesuai langkah-langkah yang ditandai dengan meningkatnya hasil belajar pada setiap siklusnya. Ketuntasan nilai siswa mencapai lebih dari 80% setelah diadakan tindakan siklus III. Adapun ketuntasan nilai pre test sebesar 18%, siklus I meningkat menjadi 46%, pada siklus II meningkat menjadi 72% dan pada siklus III meningkat lagi menjadi 93%. Keterampilan dan keaktifan saat proses pembelajaran juga selalu mengalami peningkatan dari siklus 1 sampai siklus III. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) Penggunaan media kartu huruf dapat meningkatkan keterampilan menulis aksara Jawa siswa yang dibuktikan dengan meningkatnya hasil pembelajaran dari pe test sampai siklus III sesuai dengan indikator yang telah ditetapkan. (2) Penggunaan media kartu huruf yang dapat meningkatan keterampilan menulis aksara Jawa siswa apabila dilaksanakan sesuai langkah-langkah yang tepat berdasarkan skenario yang telah disusun. Kata kunci: media kartu huruf, keterampilan, menulis aksara Jawa.
File Dokumen :
img0006.JPG  
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download  
Microsoft Word - 001 AWALAN.pdf  
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download  
Microsoft Word - 01 BAB I.pdf  
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download  
Microsoft Word - 02 BAB II.pdf  
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download  
Microsoft Word - 03 BAB III.pdf  
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download  
Microsoft Word - 04 BAB IV.pdf  
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download  
Microsoft Word - 05 BAB V.pdf  
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download  
Status Public
Pembimbing :
1. Drs. Ngatman, M.Pd
2.
3.
4.
5.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
Harga : Unggah2
Asal : Hadiah

 

Links

News

About

Perpustakaan Digital adalah sebuah sistem yang memiliki berbagai layanan dan obyek informasi yang mendukung akses obyek informasi melalui perangkat digital.