DOKUMEN

Nomor Kelas : Far i 2009
Penulis Utama : Farhan
Penulis Tambahan : Tidak ada Penulis Tambahan dalam Dokumen ini.

 
Nim : S810707005
Tahun : 2009
Badan Corporate :
Judul : Implementasi pembelajaran kontekstual dengan mengintegrasikan pendidikan kecakapan hidup di Sekolah Mitra Program DBE3 / USAID Kecamatan Kaliwungu Kudus ( studi kasus di MTs N Kudus Tahun Pelajaran 2007/2008 )
Judul Seragam :
Judul Seri :
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2009
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Teknologi Pendidikan-S.810707005-2009
Subyek : PEMBELAJARAN
Jenis Dokumen : Tesis
Abstrak : ABSTRAK Farhan. S. 810707005. Implementasi Pembelajaran Kontekstual dengan mengintegrasikan Pendidikan Kecakapan Hidup di Sekolah Mitra DBE3/USAID Kecamatan Kaliwungu Kudus ( Studi Kasus di MTsN Kudus) Tesis Program Studi Teknologi Pendidikan, Program Pascasarjana, Universitas Sebelas Maret Surakarta,2008 Penelitian ini bertujuan untuk (1 ) Memaparkan dampak diklat pengintegrasian PKH dalam matapelajaran oleh DBE 3 terhadap kinerja peserta diklat (2) Memaparkan dampak implementasi pembelajaran kontekstual dengan mengintegrasikan kecakapan hidup di sekolah mitra Program DBE3 / USAID kecamatan Kaliwungu Kudus terhadap efektifitas pembelajaran (3) Menganalisis masalah yang ditemui dalam implementasi pembelajaran kontekstual dengan mengintegrasikan kecakapan hidup di sekolah tersebut (4) Mendiskripsikan cara mengatasi masalah dalam implementasi pembelajaran kontekstual dengan mengintegrasikan kecakapan hidup di sekolah tersebut Penelitian dilaksanakan di MTsN Kudus sebagai salah satu sekolah Mitra USAID dalam program DBE3. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data didapat dari tiga sumber (1) peristiwa, (2) informan, (3) dokumen atau sumber tertulis. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan (1) pengamatan / observasi, (2) wawancara mendalam, (3) mengkaji dokumen arsip ( content analysis), (4) kuesioner ( quetionnaire). Pengambilan sampel menggunakan purposes sampling dan teknik cuplikan. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan, keajegan pengamatan trianggulasi, dan pemeriksaan teman sejawat. Hasil penelitian dianalisis menggunakan teknik analisis interaktif (1) reduksi data, (2) sajian data, (3) penarikan simpulan / verifikasi. Hasil Penelitian adalah ( 1 ) Adanya peningkatan peserta diklat untuk mendesain KBM yang kontekstual dengan memasukkan PKH karena mereka dilibatkan dalam berbagai kegiatan yang menarik, menantang, serta adanya kegiatan pendampingan yang merupakan tindaklanjut Diklat di kelas (2) implementasi CTL dengan integrasi PKH dapat meningkatkan KH siswa karena suasananya PBM menyenangkan dan menantang serta menerapkan “classroom management” yang bervariasi sehingga siswa dapat saling bekerjasama secara aktif dan interaktif (3) Masalah yang ditemui adalah sebagian guru mengalami kesulitan untuk mendesain dan menggunakan rubrik untuk menilai KH secara sitematis , sebagian besar guru belum dapat memanfaatan sumber belajar secara optimal. Dalam pembuatan RPP , belum semua guru memasukkan pendidikan kecakapan hidup secara optimal (4) Alternatif pemecahan masalah adalah dengan mendayagunakan pertemuan guru sejenis tingkat sekolah untuk mendesain bersama RPP beserta rubrik-rubrik penilaian proses Pembelajaran. Diskusi pemanfaatan berbagai sumber belajar. Saran Penelitian (1) Meningkatkan kesadaran guru akan pentingnya PKH untuk hidup bagi setiap orang dan untuk diimbaskan kepada peserta didik dengan mengintegrasikanya dalam pembelajaran secara konsinten dan terprogram (2) MTs N Kudus hendaknya terus memberi fasilitasi kepada para guru untuk mengembangkan desain dan implementasi pembelajaran kontekstual dengan mengintegrasikan PKH serta pemanfaatan sumber belajar dan media yang bervariasi sejalan dengan obsesi madrasah ini untuk membekali para siswa nya dengan berbagai kompetensi termasuk PKH untuk mewujudkan cita-cita MTsN Kudus sebagai madrasah yang maju dan bermutu. (3) MTsN Kudus hendaknya tanggap terhadap kendala-kendala yang dialami madrasah dan berusaha untuk mengatasinya secara komprehensip (4) USAID dengan program diklatnya hendaknya terus berperan aktif terhadap peningkatan mutu pendidikan di Indonesia.
File Dokumen : File tidak dipublish
Status Non Public
Pembimbing :
1. Prof. Dr. Samsi Haryanto,M.Pd
2. Prof. Dr. H. Joko Nurkamto, M.Pd
3.
4.
5.
Catatan Umum : 1063/2009
Fakultas : Pascasarjana
Harga :
Asal : Hadiah

 

Links

News

About

Perpustakaan Digital adalah sebuah sistem yang memiliki berbagai layanan dan obyek informasi yang mendukung akses obyek informasi melalui perangkat digital.