Abstrak


Kajian Stilistika dan Nilai Pendidikan Karakter Novel Keladuk Manis Ing Salumahe Sambilata Karya Tulus Setiyadi Sebagai Bahan Ajar Apresiasi Sastra di SMK


Oleh :
Leily Dwi Putri Solichah - K4217041 - Fak. KIP

Penelitian ini mengangkat bahasan tentang kajian stilistika dan nilai pendidikan karakter di dalam karya sastra sebagai bentuk pelestarian budaya dimana semakin melemahnya pemahaman budaya jawa. Selain itu juga sebagai kebutuhan bahan ajar apresiasi sastra Jawa di tingkat SMK.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan (1) aspek pembangun style yang terdapat dalam novel KMSS  karya Tulus Setiyadi; (2) nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam novel KMSS karya Tulus Setiyadi; (3) relevansi novel KMSS karya Tulus Setiyadi sebagai bahan ajar apresiasi sastra di SMK.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pendekatan yang digunakan yaitu stilistika. Data dan sumber data pada penelitian ini adalah dokumen dan informan dengan dokumen berupa novel KMSS karya Tulus Setiyadi dan informan dari pengarang, akademisi, guru bahasa Jawa, dan siswa kelas X. teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara analisis isi/ dokumen dan wawancara. Teknik pengambilan sampel penelitian menggunakan purposive sampling. Teknik uji validitas data menggunakan triangulasi sumber dan teori. Teknik analisis data pada penelitian ini  teknik analisis data interaktif.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diambil kesimpulan (1) analisis aspek pembangun style seperti purwakanthi, pamilihing tembung, ungkapan, permajasan dalam novel KMSS karya Tulus Setiyadi. (2) analisis nilai pendidikan karakter dalam novel KMSS karya Tulus Setiyadi. Adapun nilai pendidikan yang dimaksud antara lain jujur, kerja keras, gemar membaca, mandiri dan bersahabat. (3) analisis aspek stilistika dan nilai pendidikan karakter dalam novel KMSS karya Tulus Setiyadi relevan jika dijadikan bahan ajar apresiasi satra di SMK khususnya pada kelas X dalam KD 3.4 mengidentifikasi, memahami, dan menganalisis penggunaan bahasa dalam teks sastra dan nonsastra secara lisan dan tulis.

Kata Kunci : Stilistika, novel Keladuk Manis ing Salumahe Sambilata, nilai pendidikan karakter, bahan ajar