Abstrak


Pengaruh Iklim Organisasi terhadap Turnover Intention dengan Kepuasan Kerja sebagai Pemediasi (Studi pada Karyawan di Hotel Timor)


Oleh :
Lucia Cepeda Saldanha - F0217124 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Iklim Organisasi Terhadap Turnover Intention Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Pemediasi. (Studi pada karyawan di Hotel Timor,Kabupaten Dili)

            Kemampuan berkompetisi melawan organisasi lainnya tidak hanya ditentukan oleh pimpinan sebagai pengambil keputusan, tetapi pada karyawan sebagai anggota. Karena karyawan merupakan aspek yang penting dalam sebuah perusahaan, maka organisasi harus berusaha agar karyawan mereka dapat bekerja secara efektif dan efisien dengan memenuhi keinginan pada karyawannya. Turnover intention merupakan salah satu bentuk sikap karyawan dimana sikap ini dapat menentukan kinerja dari suatu perusahaan. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi turnover intention, salah satunya yaitu iklim organisasi. Iklim organisasi merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kepuasan kerja karyawan pada suatu organisasi dalam perusahaan.

            Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, menggunakan metode pengumpulan data penelitian yaitu online survey dan desain penelitian cross-section. Unit analisis yang digunakan adalah individu yang merupakan karyawan di Hotel Timor.

            Hasil dari penelitian ini, disimpulkan bahwa Iklim organisasi berpengaruh negatif pada turnover intention, Kepuasan kerja berpengaruh negatif pada turnover intention, Iklim organisasi berpengaruh positif terhadap kepuasan kerja. Kepuasan kerja memediasi pengaruh iklim organisasi terhadap  turnover intention.