Abstrak


Sintesis Magnetic Carbon Nanotubes (Mag-CNT) Menggunakan Metode Chemical Vapor Deposition (CVD) dan Modifikasinya dengan Polyaniline Sebagai Pembawa Kurkumin


Oleh :
Ayu Miftachul Jan’ah - M0317010 - Fak. MIPA

Pengembangan material sistem pengiriman obat dalam terapi kanker masih diperlukan optimasi. Komposit Mag-CNT-PANI telah berhasil disintesis sebagai material pembawa kurkumin. Magnetic carbon nanotubes (Mag-CNT) disintesis menggunakan metode Chemical Vapor Deposition (CVD) dengan katalis Incoloy?800 selama 10 menit pada suhu 800 °C menggunakan gas Ar, H2¬, N2 dan C2H2 dilanjutkan purifikasi menggunakan toluena dan etanol. Mag-CNT purifikasi dimodifikasi permukaannya melalui perlakuan plasma jet tekanan atmosfer dengan variasi jarak untuk mengubah permukaan dari hidrofobik menjadi hidrofilik. Plasma jet menggunakan sumber gas argon sebagai gas pembawa dan larutan asam asetat sebagai sumber karboksil dan hidroksil. Setelah proses modifikasi, Mag-CNT dikombinasikan dengan PANI melalui metode polimerisasi in-situ menghasilkan komposit Mag-CNT-PANI. Komposit kemudian diaplikasikan sebagai pembawa kurkumin dengan variasi waktu 6, 24, 48 dan 72 jam.
Pola difraksi dari X-ray diffraction (XRD) mag-CNT hasil sintesis dan purifikasi menunjukkan puncak khas dari CNT, Fe3O4 dan ?-Fe2O3. Spektra Fourier Transform Infrared (FTIR) menunjukkan vibrasi Fe-O dan C=C yang merupakan serapan khas CNT. Spektra Raman menunjukkan berkurangnya kecacatan setelah dipurifikasi. Analisa dengan Scanning Electron Microscope- Electron Dispersive X-ray (SEM-EDX) dan Transmission Electron Microscope (TEM) menunjukkan berkurangnya pengotor setelah dilakukan purifikasi dan diperoleh diamater 20-30 nm. Kurva histerisis Vibrating Sample Magnetometer (VSM) menunjukkan mag-CNT bersifat ferimagnetik dengan fitur soft magnetik. Keberhasilan modifikasi permukaan  mag-CNT ditunjukkan adanya serapan baru pada spektra FTIR yaitu vibrasi C-O dan C=O sebagai ciri khas serapan gugus karboksil. Komposit mag-CNT-PANI menunjukkan puncak khas cincin quinoid dan benzoid. Komposit mag-CNT-PANI berhasil digunakan sebagai pembawa kurkumin dengan kapasitas pengembanan mencapai 129,674 ppm/mg selama 24 jam.

Kata kunci : Mag-CNT, Purifikasi, Plasma Jet, Mag-CNT-PANI, Kurkumin